IKLAN

Jumat Besok DPD RI-P3BMR Bahas Pemekaran di DPRD Bolmong


 

Benny Rhamdani, Senator Sulut. (foto dok)

Benny Rhamdani, Senator Sulut. (foto dok)

KOTAMOBAGU – Hasrat warga Bolmong Raya (BMR) untuk memisahkan diri dari daerah induk terus menggelora. Semangat itu hingga saat ini terus disuarakan. Salah satu komponen penting terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB), Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), akan menggelar diskusi terbuka di Kantor DPRD Bolmong, Jumat (18/9).

“Ada undangan dari DPD-RI untuk kegiatan ini. Nantinya mereka akan melakukan penjaringan aspirasi masyarakat, kegiatan pembangunan, dan proses pemekaran. Nanti juga akan ada penjelasan soal PBMR,” jelas Ketua Harian Panitia Pembentukan Provinsi BMR (P3BMR), Drs Hi Jainuddin Damopolii, Rabu (16/9).

Sementara itu, Senator DPD-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut), Benny Rhamdani membenarkan acara tersebut akan digelar dengan dua tema diskusi. “Pertama soal percepatan pencairan dan pemanfaatan dana desa dan tentang pemekaran daerah. Nanti semua kepala daerah dan jajaran Forkompimda hingga para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan insan pers akan diundang,” ungkap Benny via seluler.

Benny menambahkan, kegiatan yang dibiayai DPD-RI ini sangat strategis bagi BMR. Pasalnya, pada diskusi soal pemekaran daerah, akan disentil mengenai penjelasan secara rinci soal perjuangan PBMR. Selain itu, agenda ini menampakkan sikap DPD-RI sebagai wakil daerah.

“Agenda ini tidak akan dibebankan kepada pemerintah daerah setempat. Kita yang tanggung. Jadi untuk diskusinya terkait penjelasan lanjutan perjuangan provinsi BMR, bagaimana terkait undang-undang pemda, bagaimana posisi politik DPD-RI, dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan daerah pengusul pemekaran,” tambah Benny.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut rencana akan dihadiri Wakil Ketua DPD-RI Farouq Muhammad, Senator Sulut Fabian Sarundajang serta dari Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (yoan)

IKLAN
loading...