Jurani: Waspada Banjir Saat Hujan, Tolong Instansi Terkait Bersihkan Drainase

Anggota DPRD Kota Manado, Jurani Rurubua. (foto:hcl)

MANADO – Musim hujan sedang melanda sejumlah wilayah di Kota Manado. Derasnya hujan berpotensi terjadinya genangan dan luapan air dari drainase yang bisa berakibat banjir kemudian mengancam keselamatan warga.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Jurani Rurubua meminta instansi terkait segera bergerak bersih-bersih drainase yang tersumbat oleh sampah termasuk yang mengalami sedimentasi.

“Saya melihat dibeberapa wilayah di Kota Manado drainasenya buruk, bahkan ada yang sudah tidak berfungsi karena tersumbat sampah dan tertutup sedimentasi. Akibatnya, jika hujan deras air dalam drainase tidak teralir dengan baik kemudian meluap dan terjadi banjir,” kata Jurani kepada Manadoline.com, Kamis (31/10/2019).

Anggota Komisi III DPRD Manado ini menjelaskan, perhatian dalam hal bersih-bersih tidak hanya diberlakukan untuk drainase tetapi sampah dan timbunan tanah serta pasir di jalan perlu dibersihkan agar tidak terbawa air hujan ke drainase terutama di jalan dengan pemukiman warga.

Srikandi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kemudian meminta warga Manado agar memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarang dan membantu pemerintah membersihkan sampah di drainase serta memperhatikan hal-hal buruk dalam lingkungan tempat tinggal yang berpotensi munculnya penyakit.

“Harapannya, agar warga kita semua tidak membuang sampah ke dalam drainase. Kondisi drainase yang buruk perlu diambil tindakan normalisasi karena terjadi pendangkalan oleh sampah dan sedimentasi,” kuncinya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020