IKLAN

Kadis Capilduk: WNA Yang Telah Miliki KTP Akan Dibatalkan


Drs. Efraim Lomboan

Drs. Efraim Lomboan

BITUNG-Pernyataan tegas disampaikan oleh Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kota Bitung Drs. Efraim Lomboan kepada manadoline.com, Jumat (10/4), terkait adanya Warga Negara Asing (WNA) asal Philipina telah memiliki KTP Bitung.

 

“Kami akan segera meminta semua Lurah untuk menertibkan orang asing yang berada di Bitung, apabila ada WNA yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Bitung akan dibatalkan,” tegas Lomboan.

 

Menurutnya, langkah ini diambil karena terindikasi banyak WNA asal Philipina eks pekerja kapal pada perusahaan Perikanan di Bitung, banyak yang tidak kembali ke negara asal mereka, tetapi menetap di Kota Bitung bahkan ada yang telah memiliki KTP. Penertiban KTP selain untuk menegakkan aturan tentang kependudukan, juga dalam rangka pendataan jelang Pemilihan Kepala Daerah pada bulan Desember tahun 2015.

 

“Data penduduk yang masuk di Discapilduk berasal dari Kelurahan, untuk itu saya meminta kepada seluruh Lurah agar supaya memasukkan data yang akurat dari masing-masing Kelurahan. Segera tertibkan warga Kota yang tidak memiliki asal usul yang jelas, jika ditemui ada orang asing telah memiliki KTP Bitung secepatnya buat laporan karena KTP-nya akan dibatalkan,” katanya.

 

Lombaan juga menambahkan, untuk data pemilih tahun ini masih belum bisa diketahui secara pasti sebab masih akan dilakukan verifikasi data dilapangan. Sedangkan jumlah penduduk Kota Bitung per tanggal 31 Desember 2014, 240.375 jiwa, untuk jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden tahun lalu 130-an pemilih.

 

“Kami belum bisa memberikan data terbaru baik jumlah penduduk Kota Bitung per Maret 2015, maupun perkiraan jumlah pemilih untuk Pilkada mendatang sebab datanya masih sementara di update,” pungkas Lombaan. (jones)

 

 

IKLAN
loading...