Karang Taruna Dibekali Jadi Penggerak Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat

MANADO — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat menggelar kegiatan bimbingan teknis pengurus karang taruna di Kota Manado tahun 2019, yang dilaksanakan di Hotel Sahid Teling Manado, 29-30 November 2019.

Dalam kegiatan itu, peserta terundang sebanyak 282 orang yang terdiri dari unsur pengurus karang taruna Kota Manado, unsur pengurus karang taruna tingkat Kecamatan, dan unsur pengurus karang taruna tingkat Kelurahan Kota Manado.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang diwakili Sekretaris Daerah Micler Lakat mengatakan sebagaimana yang diketahui bahwa karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk Masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah Kelurahan.

“Karang taruna didirikan dengan tujuan antara lain terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa dan kelurahan yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan. Sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial, memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat,” ujar Sekda Lakat.

Sementara, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Sammy Kaawoan mengatakan untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktif Karang Taruna, diperlukan upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antar karang taruna. Dengan kata lain, koordinasi konstruktif dengan pemerintah kota selaku Pembina fungsional. Sehingga apa yang dikerjakan ke depan dapat seiring dengan sejalan, sebab itulah makna hakiki dari keberadaan karang taruna.

“Saya berpesan, kegiatan yang saudara ikuti selama 2 hari ini menjadi sangat penting dimana bimbingan yang akan diterima menjadi pengetahuan untuk tumbuh kembang karang taruna yang berkualitas, cerdas, terampil, dan
Inovatif yang dapat menjadi pilar pendukung program pemerintah yang ada di 87 Kelurahan pada 11 Kecamatan. Diharapkan juga kinerja karang taruna lebih ditingkatkan, agar dapat bekerja sesuai tugas dan fungsi dalam proses pembangunan masyarakat. Jadilah karang taruna sebagai motivator sekaligus evaluator dalam membantu pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat,” ujar Kadis Sammy.

Sementara,  Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Olvie Lengkong mengatakan maksud dari kegiatan bimbingan teknis pengurus karang taruna Kota Manado tahun 2019 adalah memberikan pemahaman dan wawasan kepada pengurus karang taruna tentang fungsi dan peran karang taruna. 

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan karang taruna dalam pengelolaan kelembagaan dan organisasi karang taruna, pengelolaan penyelenggaraan usaha ekonomi produktif, dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.  Sekaligus mampu mengembangkan jaringan kerja karang taruna yang lain yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas karang taruna sebagai salah satu pilar sosial dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial di daerah,” ujar Kabid Olvie. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020