Karena Lelah, Petugas KPPS Salah Tulis Formulir

Petugas KPPS TPS 3 Kelurahan Tidore Kep. Sangihe sedang melaksanakan perhitungan suara

Tahuna- Proses rekapitulasi perhitungan suara ditingkat PPK banyak ditemukan kesalahan penulisan pada sejumlah formulir. Diduga faktor stamina yang menurun dari para petugas KPPS menjadi pemicunya karena bekerja lebih dari 24 jam.

Ketua Bawaslu Kep. Sangihe Junaidi Bawenti

Terkait hal ini, Ketua Badan Pengawas Pemulu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Juneidi Bawenti membenarkannya. Pada saat rekapitulasi perhitungan suara ditingkat PPK yang dibacakan oleh petugas KPPS banyak mengalami kesalahan dikarenakan faktor kelelahan.

“Jadi dalam rekapitulasi hasil suara itu terjadi salah penulisan diakibatkan kelelahan dari petugas KPPS dan itu real kita temukan. Contohnya di Kecamatan Tabut, hingga hari ini baru ada 6 Kampung,”ujarnya.

Lanjut kata Bawenti, Bawaslu telah mencarikan jalan keluarnya, yakni dengan cara mencocokan berita acara. Sehingga harus membuka kembali kotak surat suara.”Kita cari jalan keluarnya dengan mencocokkan berita acara. Sehingga harus membuka kembali kotak suara. Setelah dicocokkan berita acaranya, akhirnya mendapatkan kepastian dan kesepakatan kebenaranya,”ungkapnya.(zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020