Karinda Sesali Saat UNBK Terjadi Pemadaman Listrik

Suasana Pembahasan LKPJ Gubernur Tahun 2017 oleh Pansus DPRD bersama mitra kerja SKPD.

MANADO-Panitia Khusus (Pansus) pembahas LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2017 berlangsung alot.

Suasana Pembahasan LKPJ Gubernur Tahun 2017 oleh Pansus DPRD bersama mitra kerja SKPD.

Pasalnya, Pansus yang diketuai mantan birokrat handal Ferdinand Mewengkang sangat serius membahas semua program kerja serta serapan anggaran dari setiap SKPD.

Salah satu dinas yang menjadi perhatian serius dari Pansus adalah Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut.

Dari pantauan manadoline. com, Diknas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut yang dikomandoi dr Grace Punuh, pansus “mengkuliti” selama 4 jam.

Banyak sekali kritikan tajam yang diarahkan ke Dinas Pendidikan. Apalagi tahun anggaran 2017 khusus Dinas Pendidikan Daerah menghabiskan anggaran sebesar Rp 798 Miliar.

James Karinda sebagai Sekretaris Pansus dan menjabat juga sebagai Ketua Komisi IV, menyoroti soal kurangnya kursus mata pelajaran Matematika, Fisika dan beberapa mata pelajaran yang sangat kurang  diseriusi dan ini sudah sekian puluh tahun kita biarkan nanti sekarang baru bisa jalan.

“Kita perlu meningkatkan kualitas dari pendidikan. Baru-baru ini untuk hasil  anak-anak kita mengikuti program sekolah di jepang, dari sekiannya peluang hanya satu yang bisa lulus,” ungkap Karinda.

Karinda pun  berharap Dinas Pendidikan kedepan harus diperhatikan kualitasnya karena banyak dinas-dinas yang berkorban untuk kemajuan Pendidikan  di Sulut.

Karinda juga menyesalkan adanya pemadaman listrik saat UNBK berlangsung. Ini  suatu kejadian yang sangat menyakitkan untuk anak-anak adalah pemadaman listrik dari pihak PLN selama UNBK berlangsung padahal sistemnya adalah komputer.

“Kalau ujian UNBK kita mulai hari ini terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Berarti visi pendidikan kita kedepan  akan berbahaya. Karena dia akan mulai mengulang lagi, inikan berbasis komputer,  sistem koordinasi harus penting  jangan lagi besok mati lampu,” kata Karinda.  Sembari menyatakan,  kalau dia mati lampu sementara ujian, nanti salah satu sekolah sementara ujian yang lain mati lampu, bisa saja yang sudah selesai ujian   memberi tahu jawaban  kepada  siswa sementara mati lampu. Jika pemadamannya  bertahan sampai satu jam atau setengah jam terancam bisa bocor soalnya.

Menanggapi  masukan dari James Karinda. Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen mengatakan, disaat terjadinya pemadaman listrik saat UMBK, sudah langsung masuk laporan kepada Gubernur Olly Dondokambey, dan Gubernur  Langsung memanggil pihak PT PLN.

“Setalah meninjau laporan yang ada Gubernur Langsung memanggil kepala PLN dan meminta agar jangan sampai terjadi lagi pemadaman listrik saat ujian berlangsung. Gubernur menyampaikan juga  kepada kepala dinas kedepan juga mengantisipasi jika UNBK ini jangan 100 persen bergantung pada PLN. Jadi ada sekolah-sekolah yang di perbatasan harus dilokasikan untuk pengadaan Genset,” Jelas Silangen. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020