IKLAN

Kasus E2L, Warga Berharap Putusan Bawaslu Bebas Dari Intervensi


logo BawasluBITUNG-Masyarakat sangat mengharapkan pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara bisa menjaga kehormatan lembaga pengawas Pemilu pada saat memberikan keputusan terhadap penyelesaian sengketa Pilkada antara penggugat Elly Engelbert Lasut (E2L) dan KPU Sulut.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja dari Bawaslu Sulut selama proses sidang musyawarah sengketa Pilkada antara E2L dan KPU Sulut, sekaligus berharap putusan pada tanggal 16 September nanti pihak Bawaslu tetap mengedepankan Independensi dan integritas Lembaga Pengawas Pemilu,” kata Vecky Runtulalo warga Manado kepada manadoline.com, Senin (14/9).

Ia menegaskan, pihak Bawaslu jangan sampai terpengaruh dengan tekanan dari pihak manapun juga dalam mengambil langkah-langkah penegakan aturan Pilkada, sehingga bisa terwujud Pilkada yang Berintegritas di Sulut dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Ia juga menjelaskan, ada sekitar enam calon Kepala Daerah di Indonesia yang memiliki status yang sama dengan E2L, tetapi anehnya mereka lolos dan ditetapkan sebagai calon, lalu kenapa E2L tidak diloloskan.

“Ini ujian bagi Bawaslu Sulut, kalau memang aturan tidak mengijinkan kenapa yang lain diloloskan sedangkan E2L tidak ? Harus ada langkah kongkrit dalam penyelesaikan kasus ini, dalam arti bahwa setiap warga negara Republik Indonesia harus mendapat perlakuan yang sama dimata Hukum, jangan ada yang dianaktirikan,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Polo Boven, warga Bitung, bahwa prinsip keadilan wajib hukumnya untuk ditegakan kepada seluruh warga negara Indonesia, jangan karena ada faktor lain sehingga menutup mata bagi ketidakadilan. Alasan bahwa KPU Sulut sudah konfirmasi dengan KPU RI, artinya KPU daerah lain tidak melakukan konfirmasi sehingga calon yang sama statusnya dengan E2L bisa lolos.

“Bawaslu Sulut harus mampu menunjukan wibawa sebagai lembaga pengawas Pemilu yang terhormat serta bebas intervensi dari pihak manapun juga dalam menyelesaikan kasus sengketa Pilkada E2L, rakyat Sulut sangat berharap ada keadilan bagi E2L,” ujar Boven. (jones)

IKLAN
loading...