IKLAN

Kecewa Kinerja DPTNB, Pemkot Diminta Ambilalih Pengelolaan Taman Laut Bunaken


Taman Laut Bunaken, Eksotika dari Utara

Taman Laut Bunaken, Eksotika dari Utara

MANADO—Siapa tak kenal Taman Laut Bunaken. Destinasi wisata ini yang membuat Kota Manado, terlebih Sulut umumnya dikenal dunia. Viewnya yang mempesona dengan terumpu karang di bawa air laut jernih serta kaya biota laut. Namun sayang, di balik ikon wisata orang Sulut yang dikenal dengan eksotika dari Utara ini ada menimbulkan kegelisahan warga Kapulauan. Pasalnya, pengelolaan TNB yang dipercayakan kepada Dewan Pengelola Taman Laut Bunaken (DPTNB) dianggap tidak serius menangani dan mengelola TNB.

Ini terungkap saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Bunaken Kepulauan, yang digelar di Kantor Camat setempat, Selasa (24/02) siang dihadiri langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) bersama Kepala Bappeda, Bartje Assa Kepala Dinas Sosial, Frans Mawitjere, Kepala Dinas PU, Roy Mamahit, Kadis Kesehatan, Robby Motto, Kepala BPMD, Kabag Humas dan Protokoler, Franky Mocodompis.

“Pak Wali, Bunaken sudah dikenal luas di seluruh dunia. Namun lihat saja infrastruktur dan pengelolaan taman ini yang sangat mengecewakan. Bunaken ini dikelola DPTNB, dan lebih parah lagi sejak 2005 sampai sekarang sudah tidak ada dana konservasi yang disalurkan ke pulau ini,” kata tokoh masyarakat Bunaken Kepulauan, Decky Dommits warga Lingkungan VI Kelurahan Bunaken.
Mewakili warga Bunaken, Dommits berharap Pemkot Manado segera mengambil-alih pengelolaan TNB supaya pengelolaanya lebih baik untuk mengangkat kembali citra Bunaken ke mata dunia, dan jangan sampai Bunaken hanya jadi kenangan. “Kami minta Pemkot harus panggil DPTNB. Kalau perlu kami minta Pemkot ambil-aih TNB untuk pengelolaannya supaya semua anggaran yang dapat di TNB ini dikembalikan ke warga kepulauan sekitar TNB,” tukas Domits.
taman laut bunaken2Meski demikian Wali Kota GSVL berusaha dan mengupayakan agar TNB tersebut tetap menjadi ikon Manado. “Usulan disampaikan sangat baik untuk pengembangan dunia pariwisata kita. Usulan Kecamatn Bunaken Kepulauan untuk jadi kecamatan pariwisata patut dihargai. Karennaya kita akan kumpul semua yang terkait, instansi terkait, termasuk DPTNB kita diskusi bersama,” jawab GSVL.
Dalam pertemuan itu nantinya, akan dibicarakan apa saja yang akan dibuat, karena Bunaken ini jadi primadona Manado bahkan Sulut secara umum. “Kita akan bicarakan, yang mana kewenangan kota, mana kewenangan provinsi, dan mana kesenangan pusat,” tegas GSVL. Yang tak kalah penting selain TNB, Walikota minta masyarakat Kecamatan Bunaken Kepulauan supaya menjaga keamanan dan kenyamanan daerah. “Karena Kecamatan Bunakan ini menjual pariwisata, maka jadikanlah wilayah iniu nyaman dan aman supaya akan lebih banyak turis ke sini dan bisa tinggal lebih lama di sini. Bunaken jangan hanya jadi kenangan, tetapi meninggalkan kesan baik bagi pengunjung,” pungkas GSVL. (anto reppy)

IKLAN
loading...