Kehadiran Lab PCR, Sualang : Langkah Maju OD-SK

MANADO—Dengan dimilikinya laboratorium
polymerase chain reaction (PCR), pemeriksaan sampel pasien terkait Covid-19 akan lebih ceoat. Rata-rata hanya membutuhkan waktu sampai 9-12 jam.

Richard Sualang

Langkah serta terobosan pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) mendapat apresiasi dari banyak pihak. Termasuk anggota DPRD Sulut Richard Sualang.

Kepada wartawan, Sualang mengatakan, langkah maju pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Ini patut diapresiasi,”ucap Wakil Ketua Bapemperda ini. Sualang pun berharap pengelolaan dari lab ini dijaga. Sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

“Dengan dimilikinya Lab PCR sumber daya manusia harus ditingkatkan dan ditambah. Dan manajemen diatur sebaiknya serta yang terpenting agar ketersediaan reagen bahan baku pemeriksaan tetap tersedia,” ungkap Sualang.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini mengingatkan juga soal kesiapan rumah sakit yang merawat pasien dari hasil lab ini. Terutama mereka yang dinyatakan positif.

“Semua harus benar-benar siap. Jangan nanti lab sudah berfungsi tapi untuk perawatan dan pengobatan tidak siap,”ucapnya. Sambil menyatakan gugus Tugas Covid-19 Sulut harus tetap mengkampanyekan social dan physical distancing bagi masyarakat.

“Masyarakat juga harus berpartisipasi aktif. Mohon jangan terlalu banyak di luar rumah. Kalau ada kepentingan mendesak wajib gunakan masker dan rajin cuci tangan minimal 20 detik di air mengalir,”ujarnya.

Anggota Komisi 4 DPRD Sulut bidang Kesejahteraan (Kesra) mengingatkan juga kalau di Sulut sudah ditemukan kasus yang merupakan bagian dari transmisi lokal.

“Ini artinya kemungkinan orang tanpa gejala yang telah terinfeksi virus ini sedang berada di tengah masyarakat. Bagaimana kita meminimalisir penularan, ya dengan jaga jaral, pakai masker, rajin cuci tangan. Dan lebih baik di rumah saja,” tutup Politisi PDI Perjuangan dapil Manado.(mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020