IKLAN

Kejari Bitung Segera Musnahkan 2 Kapal Pelaku Ilegal Fishing


Propam Polres Bolmong Periksa Angota Polsek Bolaang Terkat Dua Tersangka Kabur dari Sel Tahanan. (f-manadoline)

Propam Polres Bolmong Periksa Angota Polsek Bolaang Terkat Dua Tersangka Kabur dari Sel Tahanan. (f-manadoline)

Hary Palar, SH,

Hary Palar, SH,

BITUNG-Kejaksaan Negeri Bitung dalam waktu dekat, akan segera musnahkan dua kapal berbendera Filipina pelaku ilegal fishing. Kedua kapal tersebut yaitu KM. Garuda 05 yang dinahkodai oleh Mateo Mag Aso dan KM. Garuda 06 dengan nahkoda Jefry G. Mag Aso.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Bitung Hary Palar, SH, kepada manadoline.com, Senin (20/4). Menurutnya, pemusnahan dua kapal asing tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Bitung nomor 01/2-Prkn/2015/PN Bit untuk KM. Garuda 05, sedangkan KM. Garuda 06 putusan nomor 02/2-Prkn/2015/PN Bit.

 

“Keduanya secara sah dan meyakinkan melanggar Undang-undang 31 tahun 2004 yang telah diubah dalam UU nomor 45 tahun 2010 pasal 293:2, melakukan pengkapan ikan diperairan Indonesia tanpa ada Surat Izin Pengkapan Ikan (SIPI-red),” jelas Palar.

 

Ia menambahkan, kedua nakhoda dikenakan hukuman kurungan badan 3 tahun penjara dan denda Rp. 1,5 miliar. Apabila tidak bisa membayar denda, ditambah hukuman 3 bulan penjara.

 

“Pemusnahan kapal ilegal fishing adalah yang pertama kali dilakukan, selama ini kapal hanya dilelang,” pungkas Palar. (jones)

IKLAN
loading...