KemenPAN-RB Beri Nilai B Pada SAKIP Kabupaten Mitra

Kabag Ortal Mitra Maya Daming (keempat dari kiri) wakili Bupati Mitra James Sumendap SH untuk menerima sertifikat raihan predikat B dari SAKIP.

MITRA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) raih predikat B atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja Tahun 2018. Penilaian tersebut didapat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Sertifikat dengan predikat B tersebut, diserahkan langsung MenPAN-RB Drs Syarifudin MSi dan diterima Kabag Ortal Maya Daming yang hadir mewakili Bupati, Selasa(19/2/2019), di Makasar.

Adapun penilaian ini berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang peraturan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan peraturan presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), serta berpedoman pada peraturan MenPan-RB Nomor 12 Tahun 2015, tentang pedoman evaluasi atas emplemntasi sistem akuntabilitas kinerja intansi pemerintah.

Bupati Mitra James Sumendap, melalui Kabag Humas dan Protokol Franky Wowor mengatakan, raihan ini tidak terlepas dari komitmen, dukungan, dan kerja keras seluruh Perangkat Daerah dalam meningkatkan kinerjanya.

“Apa yang diraih ini bukan sekadar award semata, tapi lebih kepada bagaimana menyelaraskan perencanaan dengan pelaksanaan yang efektif/efesien dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Ini capaian positif bagi kami, karena SAKIP ini adalah evaluasi kinerja dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah,” katanya.

Tujuan evaluasi ini untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintah yang berorientasi kepada hasil (result oriented governor). Serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

“Dalam penilaian SAKIP ini Pemkab Mitra dapat predikat B. Jadi berarti tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja sudah baik,” ujar Wowor.

Wowor pun menambahkan, hasil ini menunjukkan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada kinerja di Pemkab Mitra sudah semakin baik.

“Tahun 2017 lalu Pemkab Mitra juga memperoleh predikat B. Hanya bedanya saat ini ada kenaikan dalam poin penilaian,” tandasnya. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020