Kepedulian Disdukcapil Sulut Dorong Kab/Kota Soal Program KB untuk Pembangunan

MANADO– Program Keluarga Berencana (KB) penting untuk pembangunan daerah dalam peningkatan dan pemahaman pengendalian penduduk.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Asisten 1 Pemprov Edison Humiang saat membuka Bimtek Disdukcapil Pemprov di Best Western Lagoon Manado, Kamis (18/7/2019) (foto:kandi/ML)

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang saat Bimbingan Teknis Keluarga Berencana Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB (Disdukcapil KB) Sulut di Best Western Lagoon Manado, Kamis (18/7/2019) sore.

Humiang menambahkan penduduk merupakan titik sentral kegiatan pembangunan. Manusia adalah perencana pelaksanaan pembangunannya.

Karena itu, ada tiga 3 aspek yaitu pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial seimbangan dan pengelolaan lingkungan hidup,”jelas Humiang.

Pentingnya untuk pembangunan, lanjut Humiang diharuskan untuk dikelola secara serasi.

“Agenda KB patut kita perhatikan, tentu diintegrasikan dengan semua kegiatan kita tidak saja KB tapi dengan sektor-sektor lain. Misalnya di bidang kesehatan dan pendidikan itu harus dilibatkan. Ini point penting. Karena kita patut syukuri bersama sama yang sudah diraih termasuk program Kampung KB,”jelasnya.

Sementra itu, Kepala Disdukcapil KB Sulut dr. Bahagia R. Mokoagow, MSI MKES, Sekretaris Dinas Drs. Wendy Karwur, MAP, Kepala Bidang KB Disdukcapil Dra Aneke Rondonuwu mengatakan maksud dan tujuan Bimtek meningkatakan peranan fungsi serta kemampuan teknis untuk pembangunan daerah. Dihadiri 30 peserta terdiri dari Kepala Dukcapil se-Kab/Kota, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Keluarga Berencana. (srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020