Keseriusan Pemerintah Manado Soal Masalah Sampah Dipertanyakan

Ketua Komisi III DPRD Kota Manado, Ronny Makawata. (hcl)

MANADO – Ketua Komisi III DPRD Kota Manado, Ronny Makawata mengatakan program pemindahan tempat pembuangan akhir (TPA) sementara di Pandu, harus mendapatkan dukungan dari semua stakeholder terkait yang ada di pemerintah kota.

“Penting bagi kita dan saya berharap apa yang disampaikan oleh Wali Kota Manado harus didukung oleh stakeholder terkait,” kata Makawata kepada wartawan di kantor dewan.

Menurutnya, keseriusan bekerja yang ditunjukkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terhadap program pemindahan ke TPA sementara sudah bagus, tapi masih terkendala dengan anggaran. Apalagi, kerja yang sementara dilakukan di TPA Sumompo dan rencana TPA sementara di Pandu tersendat-sendat karena masalah anggaran.

“Operator alat berat tidak bisa mengopersikan alat, sering terkendala karena tidak ada Bahan Bakar Minyak (BBM), atau mau menunggu Komisi III merogoh kocek pribadi untuk membeli BBM,” ujarnya.

Makawata mengaku, pekan lalu dirinya sudah berkoordinasi dengan Kaban Keuangan Pemkot Manado, berdasarkan surat permintaan dari DLH. Beliau sudah menyampaikan kalau dana ini tidak digeser untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 kalau yang sifatnya urgent.

Dia menambahkan, pada Jumat pekan lalu, dirinya sudah melakukan kroscek kepada pihak DLH tapi ternyata belum ada realisasi soal anggaran.

“Kalau sampai belum direalisasi, kami akan mengingatkan kepada Wali Kota Manado dalam rapat paripurna nanti, terkait dengan komitmen ini,” tandasnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020