Ketika GSVL Bikin Dishub & Pol PP Kelimpungan, Muncul Bersepeda di Apel Lapangan Tikala

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersepeda melintasi ruas jalan Piere Tendean, Boulevard depan Mantos, pagi tadi.
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersepeda melintasi ruas jalan Piere Tendean, Boulevard depan Mantos, pagi tadi.

MANADO – Jarum jam sudah menunjukkan pukul 08.05 Wita, Senin (6/8/2018) pagi tadi. Sudah lewat lima menit dari waktu biasanya dimulai upacara apel perdana setiap senin di awal bulan berjalan.

Pagi itu di lapangan Sparta Tikala ribuan ASN Pemkot Manado masih hilir mudik menunggu dimulainya apel perdana hari kerja di bulan agustus ini.

Tepat pukul delapan lewat lima menit itu ribuan pasang mata ASN dan THL tiba-tiba terperangah. Dari kejauhan mata mereka menangkap sosok tegap berkaca mata hitam serta  berpakaian keki tengah asik menggayuh sepeda mendekati lapangan Sparta Tikala, jalan Balai Kota.

Dia tak lain orang nomor satu di Kota Manado, yakni Wali Kota GS Vicky Lumentut (GSVL). Dari rumah pribadinya di Malalayang datang memimpin apel di Lapangan Tikala hanya bersepeda tanpa pengawalan resmi.

Pemandangan ini tak lazim jika menjelang apel pagi perdana awal bulan. Biasanya, ribuan ASN tahu persis jika apel segera dimulai dengan terdengarnya sirene kendaraan patroli pengawalan (Patwal) baik Wali Kota maupun Wawali mendekati lapangan Sparta Tikala.

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut memilih bersepeda ke lapangan Sparta Tikala memimpin apel perdana bulan agustus Pemkot Manado, senin pagi tadi.

Tapi pagi tadi lain dari biasanya. Pemandangn ini membuat petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Sat Pol PP Kota Manado dibuat kelimpungan.  Mereka kelabakan tak menyangka sosok pemimpin bersahaja itu muncul memimpin apel dengan menggunakan sepeda.

“Pagi ini, saya sengaja memilih sepeda sebagai kendaraan menuju kantor. Saya ingin memastikan kondisi jalan raya dan kemacetan di Manado pada pagi hari. Tadi saya start dari Malalayang sekitar pukul 07.15. Kalau sekarang pukul 08.05, itu berarti perjalanan saya bersepeda memerlukan waktu 45 menit menuju Lapangan Sparta Ti   kala,” kata Wali Kota GSVL di sela-sela pimpin apel.

Sebab menurut Ketua Dewan Pembina APEKSI, dengan bersepeda kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terpelihara. “Saya mengajak para ASN untuk mencoba ke kantor menggunakan Sepeda.” Pinta GSVL.

Meski demikian, khusus ASN yang bermukim di daerah perbukitan dia meminta untuk berfikir jika ke kantor menggunakan sepeda.  “Kecuali ASN tinggal di daerah seperti Teling atau daerah lain yang ba gunung, ba pikir bae-bae mo pake sepeda. Kalau datang, tinggal meluncur, enak. Yang susah itu kalau pulang. Jangan sampai torang yang sepeda nae akang,” canda GSVL.

Apel perdana senin awal Agustus itu diakhiri dengan pemberian hadiah 2 buah sepeda bagi ASN dan THL yang menjawab dengan sigap dan benar tanggal lahir Kota Manado.

Dua ASN perempuan, masing di Dinas Damkar dan Kecamatan Tuminting keluar sebagai pemenang setelah berhasil menjawab dengan benar pertanyaan yang disodorkan Wali Kota GSVL.

Kedua ASN perempuan itu diminta menjemput hadiah sepeda tersebut di ruang kerja Wali Kota sore nanti jelang selesai jam kerja. ***

Penulisi: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020