IKLAN

Ketua TP-PKK Sulut: Deteksi Sedini Mungkin Kanker Serviks dengan IVA


MITRA– Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulawesi Utara (Sulut) Ir Ritha Maya Dondonkambey Tambuntuan mengatakan program gerakan pencegahan kanker pada perempuan Indonesia berlangsung selama lima tahun, sudah dimulai dan dicanangkan 21 April 2015 lalu.

_DSC2221

Ketua TP PKK Sulut Ibu Ritha Dondokambey Tambuntuan saat pemasangan lilin pada Hari Persatuan Gerak PKK ke-44 di Mitra. Pada acara ini Ibu Ritha mengingatkan pencegahan kanker serviks bagi kaum perempuan, Selasa (27/4) (foto:Ist)

“Ini merupakan inisiatif awal dari Ibu Negara RI Ibu Iriana Widodo dan telah dicanangkan untuk tingkat pusat oleh organisasi aksi solidaritas era (OASE) kabinet kerja yang dipimpin oleh Ibu Presiden RI Joko Widodo,”jelas Istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PPK) ke-44 Tingkat Provinsi Sulut  dipusatkan di Aula Serba Guna, Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (26/4).

Nantinya, Ibu Ritha berharap dilaksanakan secara berjenjang dari pusat sampai ke daerah. Selain PKK diharapkan juga kegiatan ini didukung Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,”jelas Ibu Ritha.

Khusus Sulut harus mendukung dengan secara kontinue melaksanakan sedini mungkin pencegahan kanker serviks melibatkan unsur PKK, bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas kesehatan.

Sasaran Sulut perempuan harus Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) sebanyak 36.000 perempuan.

“Pada 2015 sasaran target pemeriksaan 750 perempuan, dengan sasaran pemeriksaan melebihi target yaitu 1440 perempuan,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...