Kisruh Bangunan Oknum Direksi Bank SulutGo Segera Bermuara ke Polda, Clift: Kami Sudah Koordinasi dengan Reskrimsus

Clift Pitoy, SH

MANADO – Masalah bangunan eks RM Dego-Dego yang hingga kini belum mengantongi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), dalam waktu dekat akan bermuara di Polda Sulut bersamaan dilayangkan surat somasi ke tiga kepada oknum Direksi Bank Sulut, Mecky Taliwuna, pemilik bangunan bertingkat rangka baja di Jln. Wakeke No. 11, Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang.

“Minggu lalu sudah dilayangkan somasi kedua, setelah sebelumnya somasi pertama tapi pemilik bangunan belum juga punya itikad baik menyesaikan masalah ini. Jadi dalam waktu dekat kami akan layangkan somasi ketiga sekaligus laporan ke Polda Sulut,” kata Clift Pitoy, SH kuasa hokum warga tetangga sekitar bangunan.

Clift Pitoy, SH, Witlem Pilat, SH, Denny Nangin, SH dan Charles Sangkay, SH yang bernaung di bawah payung kantor Hukum Rawung & Pitoy Law Firm dipercayakan warga tetangga masing-masing Elnike Agustina Mawilos, Christine Irene Nancy Howan dan Judi Richard Sompotan sebagai kuasa hokum berdasarkan surat kuasa tanggal 6 Juli 2020.

“Masalah ini sudah berlarut-larut sejak 2017, bahkan sudah lewat beberapa kali proses hearing di DPRD Manado tapi belum juga selesai,” kata Clift dan rekan-rekannya. Pihaknya terpaksa menempuh jalur hokum karena kliennya merasa terganggu keselamatan mereka dengan konstruksi bangunan bertingkat yang tidak memiliki IMB itu.

“Masalah ini kami sudah koordinasi dengan penyidik Polda Sulut. Perkaranya masuk di Reskrimus bagian tipiter (tindak pidana tertentu,” kata Clift, Kamis (23/7/2020). Dasar laporan itu menurutnya, bangunan tersebut bertentangan dengan UU No. 28 tahun 2002 tentang keselamatan warga terkait bangunan bertingkat rangka baja, termasuk di dalamnya IMB.

“Nanti jika sudah resmi dilaporkan, penyidik akan turun lapangan melihat langsung konstruksi bangunan itu apakah ada unsur pidana atau perdata. Kita tunggu saja perkembangannya nanti,” pungkas Clift. (ant)