KKP Bitung Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Fumigasi / Pest Control

(Sosialisasi Fumigasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Bitung)

 

BITUNG – Guna mencegah penyebaran penyakit menular melalui pelabuhan, kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Bitung kerjasama PT Adam Fumigation Inspection Service menggelar sosialisasi pelaksanaan fumigas atau pest control, pada Rabu (02/08/2017) bertempat di salah satu hotel yang terletak di kawasan Pusat Kota Bitung.

Menurut Kepala KKP Bitung dr. Pingkan Pijoh, MPHP kegiatan fumigasi sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit menular melalui pelabuhan khususnya yang ditimbulkan melalui hama yang ada di atas kapal. “Sesuai standar internasional, semua kapal baik yang akan sandar di dermaga Pelabuhan maupun keluar, harus dikarantina termasuk fumigasi, agar penyebaran penyakit menular dapat diatasi,” ungkap Pijoh.

Dalam sosialisasi yang dihadiri Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Bitung itu, melibatkan semua pengurus maupun pemilik kapal yang ada di Kota Bitung. “Selain untuk mencegah penyebaran penyakit menular, penerapan aturan ini juga untuk mendukung program pemerintah yang telah menjadikan menerapkan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta Internasional Hub Port (IHP),” kata Pijoh.

Sementara itu, Direktur PT AFIS, Adam Tiloli menjelaskan, pelaksanaan fumigasi guna membuat pelabuhan sehat, dan ini kerjasama PT AFIS bersama KSOP dan KKP. “Awalnya kami akan fokus pada lingkungan pelabuhan mulai dari gudang dan kantor-kantor yang ada. Ini juga termasuk semua kapal yang masuk atau keluar akan dilakukan fumigasi, sehingga dapat dilakukan pencegahan penyakit menular melalui hama sepeti tikus dan kecoa. Dan ini aturan ini sudah menjadi standar internasional,” tandas Adam.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020