KM Cantika Lestari 77 Hangus Terbakar

Kapal KM Cantika Lestari 77 terbakar saat di dock PT Has
Kapal KM Cantika Lestari 77 terbakar saat di dock PT Has
Kapal KM Cantika Lestari 77 terbakar saat di dock PT Hasjrat SPA Bitung

 

BITUNG – Kapal penumpang KM Cantika Lestari 77 hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (14/03/2017) sekitar pukul 16.00 Wita di Dock PT Hasjrat SPA Bitung, Kelurahan Aertembaga, Kecamatan Aertembaga.

Menurut informasi, kapal penumpang terbuat dari kayu itu, baru selesai perbaikan di Dock PT Hasjrat SPA Bitung, dan dalam persiapan berlayar ke Ambon. Kapal milik Ko Siong itu, saat peristiwa terjadi sedang tenreng bersama KM Geovani yang juga sedang melakukan pengelasan di dock yang sama.

Sementara itu, nahkoda KM Cantika Lestari 77, Bemmy Lemier (44), ketika itu mereka dalam persiapan untuk berlayar, setelah selama 1 bulan dalam perbaikan di dock PT Hasjrat SPA Bitung.
Di saat bersamaan, KM Geovani yang tengah tenreng sedang melakukan pengelasan. Diduga akibat percikan api, yang masuk ke dek satu dimana berisi kasur, membuat kapal KM Cantika Lestari hangus terbakar. “Saat itu kapal di sebelah yakni KM Geovani sedang melakukan pengelasan, tiba-tiba dari dek satu bagian bawah kapal kami (KM Cantika Lestari 77) sudah ada tebal, dan api dengan cepat membakar kapal kami,” beber Bemmy.

Kapal yang memuat 18 anak buah kapal (ABK) itu, lanjut Bemmy, langsung ditarik ke laut oleh KM Sentosa yang berada di dekat kejadian, kemudian dilakukan pemadaman oleh kapal milik PT Pelindo. “Sejauh ini kami belum bisa menghitung maupun mentaksir jumlah kerugian akibat peristiwa ini,” ujar Bemmy.

Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH yang didampingi Kapolsek Aertembaga Iptu Vandi ketika ditemui di tempat kejadian perkara (TKP) mengaku kalau kasus ini masih akan akan dilakukan penyelidikan.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020