Komisi II DPR RI dan Gubernur Olly Bahas Pemilu 2019, E-KTP-DPT…

(Gubernur Olly Dondokambey saat pertemuan bersama Komisi II DPR RI, KPU dan Bawaslu di ruang C.J. Rantung, Kamis (20/9/2018) (foto:kand/ML)

MANADO– Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan proses persiapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) berjalan lancar dengan semboyan “Torang Samua Basudara dan “Torang Samua Ciptaan Tuhan”.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Olly saat pertemuan bersama Komisi II DPR RI, KPU dan Bawaslu dalam rangka melihat secara langsung yang terjadi di lapangan terkait Data Base Pemilih untuk Pemilu 2019 Dan Program Penyelesaian E-KTP di ruang C.J. Rantung, Kamis (20/9/2018) siang tadi.

Turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan, anggota Komisi II DPR RI, KPU dan Bawaslu Sulut serta Kab/Kota, para pejabat eselon II, para tamu undangan lainnya.

Melihat proses persiapan menghadapi Pilpres dan Piileg, Olly mengungkapkan pentingnya dua semboyan itu.”Tidak ada perbedaan masyarakat di Sulut. Kita sudah melihat Provinsi ini tingkat toleransinya sangat tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama,”ungkapnya.

Lanjutnya, dimana dalam pertemuan tersebut Gubernur Olly juga mengungkapkan kondisi sosial ekonomi di Sulut berjalan baik walaupun memang beberapa komoditi unggulan di Sulut lagi berdampak yang tidak baik
misalnya kopra dan cengkih.

“Tapi kita bisa mendorong dan bertahan secara ekonomi karena banyak turis yang datang di Sulut sejak 2016 pertumbuhan ekonomi 6,17 persen. Begitu juga dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran menurun,”tuturnya.

Dipastikan, dengan berbagai hal terkait ekonomi, pariwisata dan lainnya tapi dalam hal Pemilu 2019 mendatang Pileg dan Pilpres yang baik tentunya masyarakat menyambut dengan gembira 17 April 2019 mendatang.

Kendati dipastikan aman, namun Olly mendorong KPU, Bawaslu, dan stakeholders terkait harus dengan teliti dan cermat terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) setiap Kabupaten/Kota dalam menghadapi pesta demokrasi agar tidak terjadi permasalahan.

Diketahui, Sulut terdiri dari 15 Kabupaten/ Kota dan data yang sudah melakukan perekaman (elektronik) e-KTP sebanyak 91, 29 persen dari jumlah penduduk yaitu 2.685.816. Berati telah merekam datanya sebanyak 1.834.000 orang dan masih ada sekitar 9 persen lebih yang belum terekam,”tandas Olly.

Sembari menambahkan hasil Pilkada di Kabupaten/Kota lima Kepala Daerah akan dilantik 5 September 2018.

Sementara Ketua Komisi II Zainuddin Amali kepada sejumlah wartawan mengungkapkan Sulut secara bersama telah siap mengikiti Pemilu 17 April 2019.

“Hal-hal perlu tingkatkan koordinasi, sinkronisasi. Kami punya harapan kepada Pak Gubernur bisa mengkooridinasikan KPU, Bawaslu, Dukcapil serta instansi terkait dan sesuai UU penyelenggaraan Pemili,”kunci Amali.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020