Komisi III Segera Investigasi Pengrusakan Irigasi di Bolangat

MANADO-Kembali warga Bolangat Kecamatan Santobolang, Bolmong mendatangi Kantor DPRD Sulut terkait perjuangan mereka soal pengrusakan Irigasi milik pemerintah oleh Perusahan.

Para petani saat menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan, Amir Liputo.

Warga yang datang dari lima desa yakni
Ayong, Desa Babo,Desa Cempaka, dan Desa Bolangat, diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi III Amir Liputo.

Dengan adanya laporan dari masyarakat, Liputo mengatakan, Komisi III akan melakukan investigasi terkait pengrusakan irigasi milik pemerintah.

Menurut politisi Partai PKS ini, warga desa yang berprofesi sebagai petani penggarap tentu sudah tidak ada ruang lagi untuk bercocok tanam jika jaringan irigasi ini dirusak.

“Apalagi lahan pertanian warga yang sudah dialih fungsikan menjadi lahan kelapa sawit,” ungkap Liputo. Dengan adanya laporan dari masyarakat, Liputo berjanji Komisi III akan turun lapangan untuk melihat sejauh mana HGU ini kemudian beralih fungsi.

Lanjut Liputo, jika memang ditemukan ada bukti, pihaknya meminta agar aparat penegak hukum dapat turun tangan. Selain itu, perusahaan juga diminta agar mengembalikan fungsi dari irigasi tersebut.

“Irgasi dibuat agar masyarakat bisa mendapatkan sumber penghidupan lewat air, kemudian lahan persawahan milik petani bisa diairi,” kata Liputo. Sambil berharap dinas-dinas terkait dapat melakukan pengawasan. (mom)

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020