Komisi IV DPRD Manado Panggil Dinkes dan Kapus Pulau Bunaken

Komisi IV DPRD Kota Manado, menggelar rapat dengar pendapat dengan Dinkes, Kapus dan Masyarakat Pulau Bunaken. (Foto:hcl)

MANADO – Komisi IV DPRD Kota Manado menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Puskesmas bersama perwakilan masyarakat Kepulauan Bunaken, Kamis (25/02/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Manado Wakil Ketua Komisi IV, Wakil Ketua Yanti Kumendong, personil Komisi lainnya Sonny Lela, Nur Amelia.

Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Adrei Laikun ikut hadir dalam rapat tersebut, bersama Kepala Bidang Pelayanan dan Jaminan Sosial Dinkes Manado Jimmy Lalita, Kepala Puskesmas Kepulauan Bunaken dr Stanly Rawung.

Koordinator Kelompok Masyarakat Peduli Bunaken, Frets meminta Komisi IV DPRD Kota Manado memberi perhatian terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui fasilitas Puskesmas.

“Aspirasi kami adalah terkait dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kepulauan Bunaken oleh Puskesmas,” kata Frets dihadapan pimpinan dan anggota Komisi IV.

Lebih lanjut, Frets menjelaskan ketika masyarakat membutuhkan pelayanan kesegatan tidak ada tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut.

“Puncaknya, ada kasus pada bulan Januari ada nyawa masyarakat tidak tertolong, karena tidak ada tenaga medis yang standby di puskesmas. Masyarakat tidak ada pertolongan, termasuk melakukan rujukan ke rumah sakit,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kepulauan Bunaken, dr Stanly Rawung membantah tudingan Frets mewakili Kelompok Masyarakat Peduli Bunaken. Pasalnya, ada beberapa tenaga kesehatan yang standby setiap saat di puskesmas tersebut.

“Kami membantah tudingan tersebut, ada tenaga kesehatan yang siap disana. Ada bukti fotonya, karena jika memang tidak ada tenaga kesehatan di Puskesmas, mereka sedang melakukan pelayanan kesehatan di rumah-rumah warga,” beber Kapus Stanly.

Meski demikian, dr Stanly Rawung mengakui bahwa di Puskesmas Kepulauan Bunakan kekurangan tenaga medis. Bahkan dirinya menyebutkan sangat sulit mencari tenaga medis yang mau ditempatkan disana. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020