Komisi lll Bakal Cek Pekerjaan TPA Ilo-ilo di Kabupaten Minut

MANADO– Untuk mengatasi persoalan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah yang perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya, TPA Sumompow kondisinya sudah tidak memadai lagi. Pemerintah Sulut beberapa waktu lalu tengah mengupayakan pembagunan TPA Regional di Ilo ilo Minahasa Utara.

Berty Kapojos

Untuk pembangunan TPA Ilo-ilo dibangun dengan biaya anggaran dari pemerintah pusat pada tahap pertama sebesar Rp124 miliar dan tahap kedua Rp100 miliar.

Pekerjaan multi year ini, sesuai progres sudah mencapai 13 persen yang diperkirakan pada bulan Desember 2021 nanti telah rampung dan sudah mulai beroperasi.

Penjelasan ini disampaikan Gubernur Olly Dondokambey saat meninjau Lokasi TPA belum lama ini.

Melalui proses tender telah dimenangkan oleh PT Waskita, sehingga ada upaya dari Dewan perwakilan rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Komisi lll yang membidangi pembangunan TPA tersebut untuk melihat progress pembagunan TPA..

Ketua Komisi lll DPRD Sulut Berty Kapojos menyatakan, sesuai jadwal pekan depan Komisi 3 akan menjadwalkan turun ke lokasi TPA tersebut.

“Komisi lll, bakal memastikan sejauh mana proses pembagunan yang tengah berlangsung,”jelas Kapojos.

Diketahui TPA Ilo-ilo menjadi solusi bagi permasalahan sampah baik di Kota Manado, Minut dan Minahasa. Untuk pengelolaan sampah di TPA Ilo2 tersebut pengelolaannya secara profesional dan lebih canggih.

Bahkan terinformasi, Lokasi tersebut akan dibangun rumah-rumah makan dan lokasi wisata.
Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini berharap dengan selesainya nanti TPA Ilo ilo maka apa yang dikeluhkan warga terlebih di kota Manado akam teratasi. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020