Komisi X DPR RI Telaah Pendidikan dan Pariwisata Sulut, Begini Tanggapan Gubernur Olly 

(Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah (kanan), Sekprov Edwin Silangen (kiri) saat pertemuan Kunker Komisi X di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Kamis (1/3/2018) (foto:kandi/ML)

MANADO– Gubernur Olly Dondokambey menanggapi perkembangan bidang pendidikan dan pariwisata saat pertemuan kunjungan Kerja (Kunker) Komisi X DPR RI di Sulawesi Utara (Sulut).

Sebelumnya Ketua Tim Komisi X DPR RI juga Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah, SE MM saat Kunker lapangan sejak kemarin Kamis (28/2/2018) mengungkapkan, terkait dua tema besar di Sulut yakni pendidikan contohnya sekolah yang telah dikunjungi SMP N 7 Manado dan SMK N 6 Manado, kesimpulannya yaitu peralatan masih kurang dan rehap fasilitas sekolah,”tutur Ferdiansyah saat Kunker bersama gubenrur di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Kamis (1/3/2018).

Kedua, soal pariwisata. Menurut Ferdiansyah bidang tersebut harus perkuat pelatihan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), juga ditambah lagi menyentuh budaya misalnya ciri khas makanan tradisional Sulut,”terang politisi Golkar tersebut.

Menanggapi Kunker dan inti dari temuan Komisi X DPRI RI, Gubernur Olly Dondokambey menerangkan sejak beralihnya SMA/SMK Negeri ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) 2017 lalu.

“Saya juga melihat, memang peralatan infrastruktur sekolah, kita juga dapati kendala guru-guru SMA/SMK yang awalnya gaji guru honorer sesuai kemampuan sekolah tetapi sekarang sesuai Upah Maksimum Provinsi (UMP) 2,6 juta,”jelasnya sembari berterima kasih kepada Komisi X yang telah memilih Sulut dari tiga Provinsi untuk Kunker.

Selain mengharapkan perhatian Komisi X dan pemerintah pusat di bidang pariwisata, pendidikan maupun kebudayaan, Gubernur juga meminta perhatian dan usulan untuk Komisi X DPRI RI dan pemerintah pusat agar salah satu Universitas Negeri di Sulut yakni Unima atau Unsrat dapat dikelola Pemprov.

Hadir dalam pertemuan, enam anggota Komisi X DPR RI, mitra Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, Deputi Bidang Pengembagan Pemuda Kemenpora, Unsur Forkopimda, para pejabat eselon II dan tamu undangan lainnya.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020