Komunitas Bold Riders Manado Sumbang 84 Kantong Darah di PMI

Komunitas Bold Riders Manado mengikuti kegiatas donor daerah yang digelar di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. (Foto:ist)

Manadoline, Manado — Peringatan Hari Sumpah Pemuda dijadikan moment berharga bagi Komunitas Bold Rider Manado untuk melakukan kegiatan donor darah dengan mengusung tema “Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri” yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire.

Kegiatan donor darah yang diikuti oleh 13 komunitas motor didasarkan pada pengalaman mereka akan sulitnya mendapatkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Maando saat rekan mereka mengalami kecelakaan.

“Jadi teman-teman yang tergabung dalam Bold Riders Manado ini langsung tergerak. Mereka merasa begitu pentingnya stok darah bagi orang-orang yang membutuhkan,” ungkap koordinator acara, Adhy Wiralaksana Putra, Senin (26/10/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung di dua lokasi, sejak tanggal 20 sampai 23 Oktober 2020 dilaksanakan di Kantor PMI Malalayang, sementara untuk tanggal 24 Oktober digelar di aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara. Kegiatan yang tidak hanya diikuti anak motor, tetapi juga oleh beberapa komunitas lainnya, mengumpulkan 84 kantong darah dari total 108 peserta.

“Komunitas bisa menjadi penguat ikatan diantara anak-anak muda dan memupuk kepedulian mereka kepada sesama. Donor darah inilah contohnya,” ujar Adhy.

Menurutnya, donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. 

Kegiatan ini lanjutnya, didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 Kabupaten dan Kota dengan melibatkan 492 komunitas dan 112 Karang Taruna. Komunitas yang terlibat dalam program donor darah ini, tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti Super Soccer, Supert Adventure, Bold Riders, Heppiii Community dan kelompok Karang Taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020