Kondisinya Memprihatinkan, Tapi Jumlah Rupiah Nenek Ini Siapapun Kaget

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Sammy Kaawoan saat mendatangi oma melalui laporan warga setempat.

MANADO — Namanya Nenek Anna, wanita lansia ini keadaannya sangat memprihatikan saat ditemukan tim Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Senin (31/7) diseputaran pasar Pinasungkulan (Karombasan).

Kondisinya yang terlihat tidak terawat itu, langsung membuat kaget semua orang yang ada didekatnya saat tim Dinas Sosial membersihkan (memandikan) dan memeriksa isi bawaannya. Wah, uang senilai Rp3.300.000 (tiga juta tiga ratus rupiah) ditemukan dalam tas bawaan oma Anna.

Tim Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat saat melakukan perhitungan uang yang dimiliki oma Anna.

Menurut warga setempat yang tidak disebutkan namanya mengatakan nenek Anna adalah pekerja di pasar Karombasan. Ia memiliki tingkah yang aneh, tapi pedagang setempat sering memanggilnya untuk bekerja. Baik itu pekerjaan mengupas jagung atau bersihkan rica (cabe rawit).

“Nenek ini bekerja di pasar Karombasan. Memang dia sedikit aneh, tapi banyak yang memanggilnya untuk kerja, entah sekedar mengupas milu (jagung) atau bersihkan rica. Jadi tidak heran bila nenek Anna banyak uang. Apalagi, diketahui saat ini tidak ada lagi pihak keluarga yang mengurusnya,” tutur warga dalam postingan Facebook Kepala Dinas Sosial Sammy Kaawoan.

Lainnya mengatakan tidak semua orang yang terlihat terlantar tidak mempunyai uang. Buktinya nenek Anna mempunyai uang yang banyak.

Oma Anna setelah diantar ke salah satu panti asuhan di Kelurahan Pakowa.

Terpisah, Kepada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Sammy Kaawoan saat dihubungi menjelaskan nenek Anna kesehariannya tinggal ditempat yang tidak layak dan memprihatinkan.

“Bila ada keluarga yang mengenal nenek Anna melalui postingan Facebook, diharapkan bisa sesegera mungkin mengambil tindakan. Dimana, kegiatan giat memantau lapangan sukses berjalan atas kerjasama dengan Lurah dan Kepala Lingkungan (Pala) yang semakin lancar,” tukas Kaawoan.

Tambahnya, nenek yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi memprihatinkan, saat diperiksa Ia memiliki uang sejumlah Rp.3.300.000.

“Saat ini banyak kejadian seperti nenek Anna. Diharapkan masyarakat tidak terlalu terbawa perasaan untuk memberi. Karena tidak semua orang yang terlihat memprihatinkan itu miskin, melainkan banyak uang,” tukas Kaawoan.

Tutupnya, nenek Anna saat ditemukan langsung dibawah ke Kantor Dinas Sosial dan dimandikan. Setelah itu, langsung diantarkan ke panti asuhan untuk mendapatkan perlakuan dan pembimbingan yang lebih baik. (Sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020