IKLAN

Korem 131/Santiago Gelar Sholat Idul Adha 1437 H Bersama Warga Kota Manado


img-20160912-wa0008

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1437 H di Lapangan Makorem 131/Santiago. (Foto penrem131/santiago)

MANADO – Komando Resort Militer 131/Santiago menggelar Sholat Idul Adha 1437 H bersama warga Kota Manado yang beragama muslim di Lapangan Makorem pada hari Senin (12/09) sekira pukul 07.00 Wita.

Ada perpaduan antara TNI dan Polri dalam pelaksanaam Sholat Id kali ini, yaitu bertindak selaku Khotib adalah Karo Sarpras Polda Sulut Kombes Pol Drs Hi Endang Syafruddin MM dan bertindak selaku Imam adalah Bintalrem 131/Santiago Pelda Hi Suparno seperti ini TNI Polri tetap solid dalam segala hal termasuk dalam hal peribadatan.

Dalam khotbah yang disampaikan oleh Khotib, sesuai dengan tema yang diambil, “Pemaknaan Perjalanan Ibadah Haji”. Dengan maksud, Ibadah haji merupakan implementasi dari taat kepada Allah, “labbaik allahumma labbaiik”, “aku datang ya Allah dan aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah” dengan begitu banyak pengorbanan untuk dapat melaksanakan perintah ini karena ketaatan dan kepatuhan kepada Allah inilah maka pengorbanan tersebut tidaklah dirasakan karena setiap diri pribadi orang muslim yang beriman tahu bahwa pengorbanan tersebut tidaklah ada artinya dibandingkan ganjaran yang diberikan Allah kepada orang-orang yang taat kepada-Nya.

Khotib juga mengatakan, setelah selesai pulang dari melaksanakan ibadah haji dalam menggapai Haji yang Mabrur, dimana dalam pelaksanaan ibadah haji dengan melempar jumrah yang diartikan dengan menghilangkan kotoran-kotoran hati yang ada seperti Sifat Iri, hasut, dengki, sombong, rakus, tamak, pengumpat, pendendam, serakah, riya dsb dimana selesai khutbah ditutup dengan doa kepada Allah SWT.

img-20160912-wa0011

Penyerahan hewan qurban oleh Danrem 131/santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto. (Foto penrem131/santiago)

Kegiatan selanjutnya, penyembelian hewan Qurban yang diawali dengan penyerahan hewan Qurban dari Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto SIP MM dan Kasrem 131/Santiago Kolonelo Inf Dadang Arif Abdurahman SE kepada panitia Qurban dalam hal ini Kasipers Letkol Inf Ardiyanto SIP.

Selanjutnya, diadakan penyembelian hewan oleh panitia dari Masjid Kyai Modjo Korem 131/Santiago. Sebanyak 6 ekor sapi yang terdiri dari 1 ekor dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, 1 ekor dari Danrem 131/Santiago serta keluarga, 1 ekor dari Kantor Pos Indonesia Manado dan 3 ekor dari anggota Korem 131/Santiago Masjid Kyai Modjo yang kesemuanya akan disembeli. Turut juga umat Nasrani yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Idul Adha 1437 H dan Qurban sebagai wujud toleransi antara umat beragama yang selama ini tetap terbina dan terjaga diprovinsi Sulut yang kemudian dagingnya akan dibagikan kepada kaum Duafa, panti asuhan dan masjid binaan Korem serta kepada yang berhak menerimanya. (ekaputra)

IKLAN
loading...