IKLAN

Korupsi Dana MaMi Bolmut, Mantan Sekda Bolmut Duduk Manis Dikursi Pesakitan


received_1002949799790968

Reki Posumah selaku mantan Sekretaris Bolaang Mongondow Utara yang sedang mendengarkan dakwaan JPU. (Foto eka/ml)

MANADO – Sidang Korupsi dana Makanan Minuman Bolaang Mongondow Utara tahun anggaran 2012 akhirnya digelar di Pengadilan Negeri Manado pada Kamis (10/3). Jaksa Penuntut Umum Arief Kanahau cs mendakwa Reki Posumah selaku Sekretaris Bolaang Mongondow Utara dan juga selaku pengguna Anggaran pada pos Kepada Daerah Sekretariat Daerah Bolmot serta terdakwa Iyam Zubair Mardani Yusuf dalam kasus Korupsi tersebut.

Dalam dakwaannya, JPU menjelaskan dihadapan Majelis Hakim Jemmy Lantu bahwa perbuatan terdakwa tersebut, berlaku pada sekitar Januari 2012 hingga Desember 2012 bertempat di Kantor Bupati Bolmut, Jalan Trans Sulawesi Nomor 1, Desa Buroko, Kecamatan Kaidipang. Dimana kala itu terdapat dana sebesar Rp4,5 miliar lebih yang bersumber dari DPPA SKPD Tahun Anggara 2012 pada Pos Sekretaris Daerah. Masalah kemudian terjadi saat terdakwa Reki melakukan pencairan dana yang tidak sesuai mekanisme dan prosedur, sehingga mengakibatkan kerugian negara/daerah berdasarkan hasil audit dari BPK sebesar Rp2,7 miliar lebih.

Atas perbuatan tersebut, terdakwa dijerat oleh JPU berdasarkan pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, sebagaimana yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (ekaputra)

IKLAN
loading...