KPU Kabupaten Minahasa Sukses Gelar, Pleno Penetapan Pemenang Pilkada Minahasa 2018

(Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord A. Malonda, saat menyampaikan sambutannya)

TATELI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa siang ini, menggelar Pleno Penetapan Pasangan Calon (Paslon) pemenang yakni paslon nomor urut 2 Ir. Royke Octavianus Roring dan Robby Dondokambey sebagai Bupati dan Wakil Bupati yang dipercayakan masyarakat Minahasa, untuk menjalankan roda kepemerintahan 5 tahun kedepan.

(Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord A. Malonda, saat menyampaikan sambutannya)

Diawali dengan ucapan Selamat Datang oleh Komisioner KPU Rendy Suawa yang menyampaikan, Penetapan Rapat Pleno Pasangan Calon terpilih dimana dalam pelaksanan tahapan Pilkada ini, Kabupaten Minahasa tanpa permohonan proses perselisihan.

” Mahkama Konstitusi menetapkan bahwa Proses Gugatan tidak ada, sehingga KPU Minahasa melaksanakan Pleno pada hari ini. Terima Kasih kepada Bapak ibu yang bisa datang mengikuti rapat pleno terbuka ini” tukas Suawa

Sementara Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Churcil Einstein Malonda, SPd mengatakan sesuai PKPU No.9 Tahun 2018 KPU Minahasa tidak dapat melakukan penetapan apa bila Mahkama Konstitusi (MK) belum menutup Buku register, sedangkan nanti pada tanggal 23 baru ditutup resmi oleh MK.

” Berdasarkan PKPU no.9 tahun 2018 serta atas kesepakatan bersama, kami KPU Minahasa mentapkan hari ini sebagai hari penetapan pasangan calon terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa 2018. Dengan Memanjatkan syukur Kepada Tuhan Yang mahakuasa Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakik Bupati Kabupaten Minahasa, kami nyatakan sah dan terbuka untuk umum” ungkap Malonda.

Terpisah Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Ardiles mewoh mengapresiasi proses tahapan Pilkada di Minahasa. Logo payangka bisa berhasil dengan kredibel dan Aman, sejak awal Pilkada di Minahasa, sampai pada hari ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada gugatan.

” Ini semua berkat kerja keras teman-teman KPU dan Pilkada Minahasa bisa Menjadi Barometer, 81,9 Persen Partisipasi di Minahasa menunjukan hal tersebut dapat terwujud. Di acara penetapan calon terpilih, saya mengapresiasi karena paslon nomor 1 juga bisa hadir dan memberikan sambutan” terangnya sembari berharap, mudah-mudahan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Minahasa ini bisa menjadi barometer penyelenggaraan di 6 Kabupaten/Kota yang lain, dan ini menjadi catatan historis sehingga daerah lain kiranya dapat menyusul kesuksesan Kabupaten Minahasa. ***

Penulis : Riedel Memah

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020