KPU Manado Gelar Rapat Kesiapan Parade Pilkada dan Kampanye Damai

Komisioner KPU Kota Manado, Ismail Harun. (Foto:manadoline)

Manadoline, Manado — KPU Kota Manado, menggelar rapat dalam kantor terkait dengan kesiapan pelaksanaan Parade Pilkada dan Kampanye Damai Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020, Selasa (15/09/2020).

Koordinator Divisi SDM, Sosialisasi dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Manado, Ismail Harun mengatakan pihaknya mengkonsepkan dua agenda yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 mendatang.

“Kami dari KPU Manado sendiri mengkonsepkan dua agenda yang rencananya akan dilaksanakan satu hari yakni pada tanggal 26 September 2020,” kata Ismail Harun usai rapat.

Menurutnya, tanggal 26 September 2020 tersebut merupakan hari pertama pelaksanaan tahapan kampanye pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, sehingga dirancang agenda Parade Pilkada dan Kampanye Damai untuk empat pasangan calon.

Ismail menuturkan, dalam para peserta dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa masukan terkait dengan dua agenda tersebut untuk dilakukan pengkajian kembali tentang teknis pelaksanaanya.

“Setelah mendengar dari beberapa pihak, ini yang perlu kami kaji kembali, terkait dengan konsep ini dilakukan seperti apa, dan ini akan dibahas internal KPU,” tuturnya.

Dari beberapa masukan, lanjutnya ada beberapa point dalam dua agenda yang perlu dilakukan koreksi, terutama dalam penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan Parade Pilkada dan Kampanye Damai.

Dia mengaku bersyukur, karena kegiatan RDK mendapat banyak masukan positif baik dari pihak Polresta Manado, Pemkot Manado, Gugus Tugas Covid-19 dan Kesbangpol.

“Pak Kapolres menyarankan untuk tidak melaksanakan kegiatan tersebut di lapangan Tikala. Ada kekawatiran dari beliau, mengalami kesulitan mengatur peserta karena pandemi Covid-19, sehingga disarankan untuk dilakukan di tempat yang sifatnya indoor,” ujarnya.

Ismail menambahkan, untuk rencana pelaksanaan Parade Pilkada dan Kampanye Damai tersebut, KPU Kota Manado mencoba menggandeng ivent organizer. Meski sudah dilakukan pembahasan secara bersama, pihaknya masih perlu melakukan koreksi terhadap teknis pelaksanaan.

RDK sendiri dipimpin oleh Kordiv SDM, Sosialisasi, Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Manado, Ismail Harun, Kordiv Hukum dan Pangawasan, Sunday Rompas dan Kordiv Teknis dan Penyelenggara, Syahrul Setiawan.

Turut hadir dalam RDK tersebut, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli,SIK.,MH, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Manado Herry Saptono, Kepala BPBD Manado Donald Sambuaga selaku Gugus Tugas Covid-19, Kapolsek Wenang AKP Benyamin Undap,S.Sos, Kesbangpol, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Manado, serta event organizer dari karya mandiri dan kedai kreatif. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020