KPU Manado Gelar Sosialisasi dan Bimtek Operator Silon Calon Perseorangan

Sosialisasi dan Bimtek operator Silon, oleh KPU Manado. (hcl)

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado, terus melakukan tahapan demi tahapan jelang perhelatan pesta demokrasi 2020 dalam rangka pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Manado.

Sosialisasi dan bimbingan teknis pencalonan perseorangan serta pengenalan sistem pencalonan (Silon), digelar di aula Kantor KPU Manado, jalan Lumimuut Tikala Kumaraka Kecamatan Wenang, Selasa, (10/12/2019).

“Sosialisasi dan Bimtek ini bertujuan memberi pengatahuan kepada para bakal calon perserorangan, kepada operator yang diperbantukan mengimpit dalam melalui aplikasi Silon,” ungkap Ketua KPU Manado, Sunday Rompas saat membuka kegiatan sosialisasi dan bimtek tersebut.

Pengimputan data pendukung ke dalam Silon, menurut Sunday memerlukan persiapan dan waktu yang panjang, termasuk ketersediaan fasilitas pendukung seperti komputer.

Setiap operator yang diperbantukan mengimput data pendukung, harus mendapatkan mandat dari bakal calon perseorangan yang kemudian diserahkan ke KPU Manado.

Sementara operator utama Silon, Sweetly Gerungan yang menjadi pemateri dalam sosialisasi dan bimtek tersebut mengatakan Silon yang diperuntukkan mengimput data pendukung calon peseorangan diatur dalam Peraturan KPU No. 18 tahun 2019.

“Silon wajib bagi para bakal calon dan operator dan Silon memiliki dua jenis yaitu online dan offline dengan langsung ke sistem dan sebaiknya operator menggakan komputer berkualitas baik,” jelasnya.

Sosialisasi dan Bimtek tersebut yang diikuti oleh para bakal calon perseorangan dan operator langsung dilakukan uji coba pengimputan data melalui komputer yang dibawa para operator. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020