Kronologis Pria Ngaku Kakanwil BRI Sulut Sukses Bawa Kabur 1,2 M Uang Pengusaha Money Changer

Sejumlah aparat kepolisian saat berada di halaman Bank BRI Jalan Sarapung, lokasi terjadi aksi menipuan
Sejumlah aparat kepolisian saat berada di halaman Bank BRI Jalan Sarapung, lokasi terjadi aksi menipuan
Sejumlah aparat kepolisian saat berada di halaman Bank BRI Jalan Sarapung, lokasi terjadi aksi menipuan

MANADO – Siapa pria beruntung yang ketiban durian runtuh berhasil bawa kabur uang Rp1,2 miliar milik pengusaha Money Changer, Fajar Anggun Putra alias Ko Titi dengan cara menipu?

Hingga kini polisi masih memburu pria yang saat beraksi mengaku Kakanwil BRI Sulut bernama Oke. Kronologis penipuan itu seperti diceritakan salah seorang teman dekat Ko Titi, pemilik usaha tukar uang asing Sentra Lindo Palutama bermula, Kamis (19/1/2017) bertempat di kantor Bank BRI Cab Manado di jalan Sarampung sekitar pukul 08.00 Wita Ko Titi ditelepon Oke dengan menggunakan nomor seluler 08123261177.

Oke mengaku ingin menukar uang dolar sebanyak $80.000 (hampir sekitar 1 M) karena stock dollar di bank BRI lagi kosong. Karena percaya lelaki tersebut petinggi Bank BRI, korban langsung menyediakan uang dolar sebanyak yang dimaksud.

Pukul 10.30 Wita pegawai korban, Deni Tumewu membawa uang sebanyak itu menuju kantor BRI, jalan Sarapung dengan menumpangi mobil yang dikemudikan Rinski.

Pukul 11.30 Wita tiba di Bank BRI lantai dua dan langsung bertemu dengan pria mengaku berbama Oke. Di depan Deni Tumewu, Oke sempat memperkenalkan beberapa orang yang menurutnya adalah pegawai BRI.

Sesaat setelah terjadi pembicaraan, pria bernama Oke itu mengaku akan menghitung uang dolar tersebut. Kemudian dia pamitan akan naik ke lantai enam sambil berkata, akan datang karyawannya untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Namun hingga pukul 13.00 Wita Oke tak kembali. Deni Tumewu pun akhirnya melaporkan ke karyawan BRI dan security. Seorang anggota Polresta Manado, Briptu Vicky Mangkang kebetulan berada di lokasi kejadian langsung mengamankan pengemudi mobil Avansa putih DB 1293 BI yang dipakai pelaku menuju Bank BRI.

Untuk mengungkap kasus ini, petugas Polda Sulut telah mengamankan CCTV Bank BRI bersama petugasnya.  Sementara Tim Manguni Polda Sulut langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang dicurigai melarikan diri menggunakan sepeda motor. (mom/eka)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020