Kumtua Tombatu Dua Minta Warga Terima Perpanjangan Kontrak Tower Indosat

Kumtua Tombatu Dua Robert Arikalang (kiri) didampingi Kepala BPD Marthen Legi (kanan).

RATAHAN – Tower Indosat yang telah berdiri sejak 15 tahun lalu menjadi permasalahan bagi warga sekitar tower di Desa Tombatu Dua Kecamatan Tombatu Utara. Bahkan ada warga yang mendesak untuk tidak memperpanjang lagi kontrak dengan penyedia tower.

Menyikapi hal tersebut, Hukum Tua (Kumtua) Tombatu Dua Robert Arikalang membawa warga untuk menemui Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KISP) Drs Frits Mokorimban untuk mendengarkan penjelasan pihak Dinas KISP terkait hal itu.

“Saya sengaja membawa warga ke dinas terkait, agar warga memahami terkait pendirian tower tersebut. Tower tersebut juga untuk kepentingan umum karena melayani signal handphone hingga enam kecamatan lainnya,” kata Arikalang didampingi Ketua BPD Marthen Legi.

Ia juga menjelaskan, keberadaan tower tersebut membawa dampak positif bagi desa karena ada pemasukkan yang didapat untuk desa. “Dengan adanya tower tersebut otomatis ada pendapatan bagi desa. Juga kompensasi bagi warga diradius 70 meter dari tower,” jelas Kumtua Arikalang.

Arikalang pun dengan tegas menyampaikan akan menyetujui perpanjangan kontrak dengan penyedia tower. “Saya selaku pemerintah yang ada, akan menyetujui perpanjangan kontrak tersebut dan saya minta warga untuk juga menerimanya,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas KISP menjelaskan jika warga tidak menerima perpanjangan kontrak dengan penyedia tower maka akan berdampak negatif yakni hilangnya signal handphone di berbagai kecamatan sekitar.

“Jika tidak lagi diperpanjang kontrak maka signal handphone akan hilang. Dan bukan hanya itu saja, pihak perusahaan tidak akan lagi memasang tower di daerah tersebut, karena tower indosat tersebut juga ada signal Telkomsel yang dipasang,” jelas Mokorimban.

Ditambahkan saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pemasangan tower signal handphone jadi warga seharusnya bisa koopertif dengan hal itu. (rfs)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020