Kunjungan Dubes dan Konjen USA ke Manado, Walikota GSVL Lobi Kerjasama

Liputan Khusus

Dikunjungi Dubes Amerika, Walikota GSVL Loby Kerjasama Pendidikan USA-Manado

MANADO – Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) benar-benar memaksimalkan pertemuan dengan Duta Besar Amerika untuk Indonesia Joseph Donovan yang datang bersama istri tercinta Mrs Mei Chou dan Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava, Selasa (13/3).

Dalam kesempatan itu, Walikot GSVL langsung membuka pembicaraan terkait kerjasama sektor pendidikan antara Amerika Serikat dengan Manado.

“Jadi dalam kesempatan itu, saya langsung mendiskusikan terkait kerjasama Amerika-Manado dalam bidang pendidikan. Diantaranya bisa juga pertukaran mahasiswa ataupun beasiswa study bagi yang ingin melanjutkan program S2 atau S3,” tukas Walikota GSVL.

Ditambahkan, kesempatan ini harus dimaksimalkan mengingat kedepan sumber daya manusia semakin hari semakin terbaharui seiring dengan perkembangan teknologi dan budaya modern.

“Sehingga, nantinya dengan adanya kesempatan pertukaran pelajar atau beasiswa lanjut study, generasi muda Kota Manado akan lebih berkompeten dan berdaya saing dalam membangun Manado menuju yang lebih baik,” pungkas Walikota GSVL yang didampingi istri tercinta Paula Runtuwene dan Plt Sekretaris Daerah Rum Usulu serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemkot Manado. (stenly).

 

Diskusi Dengan Dubes Donovan, Walikota GSVL Usulkan Manado Jadi Lokasi Perbaikan Pesawat

MANADO – Melihat peluang bisnis Kota Manado kedepan, Walikota GS Vicky Lumentut saat berjumpa Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Mr Joseph Donovan di Rudis Walikota Bumi Beringin, Selasa (13/3), langsung menanyakan kemungkinanan peluang membangun pusat perbaikan pesawat di Manado.

Upaya ini dimaksudkan, selain membuka kerjasama internasional antara Amerika dan Manado, juga sebagai pintu masuk investasi skala besar di Manado.

“Jadi dalam bincang-bincang disela-sela makan tadi, saya sempat menanyakan kemungkinan dibangun kerjasama antara Amerika dan Manado. Dimana, Manado dijadikan salah satu lokasi pusat perbaikan pesawat, seperti kota lain yang sudah ada yaitu Batam. Sehingga, selain berdampak pada peluang datangnya investasi skala besar, juga membawa manado ke arah yang semakin maju, dengan adanya pembangunan diberbagai bidang,” tukas Walikota GSVL.

Tambahnya, sektor maintenance pesawat yang dimaksud seperti tipe Boeing dan lainnya. Sebab itu, jika kerjasama ini terjalin, pastinya sangat senang dan berharap itu bisa terealisasi. (stenly).

 

Dubes USA Donovan Idolakan Bubur Manado Jadi Makanan Favorit

MANADO – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Mr Joseph Donovan langsung ‘jatuh cinta’ dengan bubur Manado (tinutuan) saat menyantapnya dalam kunjungannya ke Rumah Dinas (Rudis) Walikota Manado, di Bumi Beringin, Selasa (13/3).

Hal ini diakui Dubes Donovan saat ditanya wartawan makanan apa yang paling disukai selama berkunjung ke Sulawesi Utara. Dengan yakin Dubes menjawab bahwa bubur manado merupakan makanan favorit dan paling disukai.

“Makanan yang paling saya suka saat berada di Sulawesi Utara yaitu bubur manado. Dan itu baru saja saya santap bersama Walikota Manado,” tukasnya menjawab pertanyaan wartawan.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan wartawan, dirinya bersama rombongan langsung meninggalkan Rudis dan jadwalnya langsung kembali ke Jakarta.

Walikota GSVL bersama istri Prof Paula didampingi sejumlah pejabat Pemkot Manado ikut menghantar Dubes dan rombongan sampai masuk ke Mobil. (stenly).

 

Tertarik Iven Manado Fiesta, Dubes USA Berkerinduan Balik ke Manado

MANADO – Duta Besar (Dubes) AmerikaSerikat untuk Indonesia Mr Joseph Donovan dalam kunjungannya ke Sulut, berkesempatan bertemu Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), di Rumah Dinas Walikota, Selasa (13/3).

Dalam kesempatan itu, Dubes Donovan dan Walikota GSVL banyak membicarakan kemungkinan kerjasama dibeberapa bidang. Tak lupa, orang nomor satu di Kota Manado juga menyampaikan terkait iven akbar Manado Fiesta yang merupakan puncak percayaan iven tahunan Pemkot Manado pada September mendatang.

“Saya sempat membeberkan kemeriahan Manado Fiesta ke Dubes Donovan dan beliau tertarik untuk datang kembali,” singkat Walikota GSVL saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Sementara, Dubes Amerika Joseph Donovan mengatakan sudah mendapat penjelasan dari Walikota Manado terkait Manado Fiesta dan akan datang kembali ke Manado untuk menyaksikan.

“Ya..saya sudah mendengar terkait Manado Fiesta dari Walikota, dan saya sangat berkerinduan untuk datang lagi menyaksikan iven tersebut,” kata Donovan kepada wartawan sebelum meninggalkan Rudis Walikota Manado.

Dalam kunjungan itu, Dubes Donovan turut didampingi isteri Mei Chou dan Konjen Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava. Rombongan diterima Walikota GSVL bersama isteri Prof Julyeta Runtuwene dan Sekretaris Daerah Kota Manado Rum Usulu serta beberapa pejabat di Pemkot Manado. (stenly).

 

Walikota Vicky Lumentut Jamu Sarapan Pagi Dubes Donovan di Rudis Bumi Beringin

MANADO – Kedatangan Dubes US Donovan didampingi isteri Mrs Mei Chou dan Konjen Amerika Serikat di Surabaya Mrs Heather Variava, diterima Walikota Vicky Lumentut bersama isteri Prof Julyeta Runtuwene dan Plt Sekda Kota Manado Rum Usulu serta sejumlah pejabat dilingkup Pemkot Manado di Ruma Dinas Walikota, Bumi Beringin.

Pertemuan yang berlangsung penuh keakraban yang diselingi dengan jamuan santap pagi itu, menjadi momentum yang sangat baik dalam rangka menjalin hubungan kerjasama bilateral Indonesia dan Amerika Serikat khususnya Kota Manado.

“Saya ingin mendapatkan masukan dari Walikota Manado untuk menjalin kerjasama dengan kota ini. Saya mendapat penjelasan jika Kota Manado sangat terbuka dan kondisi keamanannya sangat baik dengan kehidupan umat beragama yang sangat baik,” ujar Dubes Donovan.

Lanjutnya, pemerintah Amerika Serikat kedepannya akan menjalin kerjasama dengan Manado terutama dalam pengembangan bidang pariwisata dan pendidikan.

Acara sarapan pagi bersama Dubes Amerika Serikat di rumah dinas Walikota Manado itu, diselingi dengan penampilan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Manado yang juga unjuk kebolehan memainkan musik kolintang. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020