Kunker ke Swiss Ini Penjelasan SVR

Stefanus Vreeke Runtu

MANADO – Sepuluh anggota DPRD Sulut telah kembali ke Manado, usai perjalanan dinas untuk mengikuti Bisnis Miting di Swiss.

Stefanus Vreeke Runtu

Wakil Ketua DPRD Sulut, Stefanus Vreeke Runtu (SVR) yang ikut perjalanan dinas ke Swiss menyatakan kekagumannya dengan perkembangan sejumlah sektor di negara yang dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia ini.

SVR mengakui sektor industri yang ada di Swiss seharusnya bisa menjadi peluang bagi Sulawesi Utara.

“Ada beberapa komoditi Sulut bisa laku di sana. Kita harus mengembangkan sektor perikanan, minyak kelapa dan gula aren. Dengan catatan¬† ada pihak swasta yang mau bergerak dalam bidang itu karena permintaan di sana banyak. Harus ada dorongan dari pemerintah terhadap komoditi yang hadir dari rakyat,” ungkap SVR.

Dengan kunjungan kerja ke Swiss, SVR menyatakan harus ada gebrakan dari pemerintah daerah untuk komoditi-komoditi tersebut. Misalnya, ada beberapa desa yang difokuskan untuk menghasilkan atau memproduksi salah satu komoditi tersebut.

” Pemerintah yang mengatur dan memanfaatkan komoditi tersebut untuk di ekspor ke Swiss. Karena permintaan di Swiss bukan sedikit. Sejauh ini untuk produksi kita masih kurang karena perhatian masih minim.¬† Kalau ada fokus ke salah satu komoditi pasti akan laku.

” Swiss negara penghasil Cokelat tapi disana tidak ada tanaman Kakao. Karena Kakao berasal dari Sultra dan Sulsel,” tegas SVR.

Penulis: Mekar Salindeho