IKLAN

Kurang Dilestarikan, Masamper Terancam


Tarian Masamper

Tarian Masamper

SITARO – Sebagai kekayaan budaya Daerah, atau tradisi di Kabupaten Sitaro. Nampaknya, banyak mendapat warisan dari nenek moyang yang perlu kita jaga dan lestarikan bersama. Salah satunya seni budaya ‘masamper’ yang perkembangannya akhir-akhir ini mulai memudar seiring dengan perkembangan jaman yang sudah serba modern.

Terkait hal ini, mulai mendapat sorotan dari, salah satu tokoh adat Sitaro, Gaspar Sagune, dikatakannya, masamper saat ini kurang diminati oleh generasi muda sehingga besar kemungkinan kedepan nanti budaya Daerah ini akan hilang.

“Lima hingga sepuluh tahun kedepan diperkirakan akan punah. Sampai saat ini, nampaknya para kaum pemuda jaman sekarang sudah kurang meminati masamper, mereka lebih suka mendengar bahkan menyanyikan lagu hits yang lagi populer,” terangnya, Selasa (21/4).

Selain itu dirinya berharap, untuk menjaga masamper tidak punah harus melibatkan pemerintah daerah dalam melestarikannya dengan mengelar event atau perlombaan masamper. “Yah, saya harapkan, sebaiknya dari dinas terkait dapat lebih proaktiv, agar nantinya pelestarian adat tidak akan hilang, seperti melestarikan masamper, dengan mengelar ajang perlombaan masamper mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa, sehingga masamper tidak memudar seiringnya perkembangan jaman,” subutnya.(son)

 

IKLAN
loading...