Lakukan Inovasi, Dinkes Mitra Manfaatkan Internet Untuk Input Data Rujukan Pasien

RATAHAN — Salah satu inovasi yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara (Mitra) yakni menginput data lewat internet ke Rumah Sakit (RS) tempat pasien yang akan dirujuk. Input data tersebut dimaksudkan, agar data-data penyakit pasien bisa diketahui oleh RS rujukan sebelum pasien tiba.
“Pasien bisa ditangani dengan cepat, karena rumah sakit rujukan sudah tahu apa-apa saja yang harus dilakukan, karena data riwayat pasien sudah kami kirim dari Puskesmas yang merujuk pasien,” kata Tamuntuan, Senin (11/9/2017).

Kadis Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan.

Lanjut, untuk Launching inovasi tersebut, Tamuntuan mengatakan akan dilakukan pada empat tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mitra, 23 September nanti.
“Rencanana inovasi ini akan kami launching saat bapak bupati dan wakil bupati genap usia empat tahun memimpin Kabupaten Minahasa Tenggara,” bebernya.
Menurut Tamuntuan, RS rujukan Kabupaten Mitra yang terdekat adalah RS Noongan, namun kedepan diupayakan untuk dilakukan kerjasama dengan RS di Boltim.
“Untuk saat ini memang yang menjadi rujukan kami adalah rumah sakit Noongan, namun akan diupayakan kedepan rumah sakit di Boltim juga akan jadi tempat rujukan pasien,” ujarnya.
Ditambahkan, terkait inovasi input data pasien ke RS rujukan menurut Tamuntuan bisa mempercepat waktu tindakan penanganan medis dan efisiensi biaya. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020