Lanal Tahuna, Tanam 3000 Mangrove

TNI bersama masyarakat menanam pohon mangrove di kawasan rawa Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna Timur Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tahuna— Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna melaksanakan aksi penanaman 3000 bibit mangrov (Rhizophora) dipusatkan di kompelks pertamina Tahuna Kelurahan Tapuang Kecamatan  Tahuna Timur. 

Melibatkan Instansi Vertikal yakni Kantor Unit  Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Badan Karantina Ikan  Pengendalian Mutu (BKIPM) Tahuna, Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDKP)  Tahuna, Siswa/siswi SMA serta unsur TNI/Polri, yang turut dihadiri Kapolres Sangihe AKBP Sudung F Napitu, Kajari Sangihe.

Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo mengatakan, kegiatan penanaman mangrov ini merupakan perintah langsung dari Panglima  TNI, dalam rangkaian kegiatan HUT ke-74 TNI.Dimana kata Danlanal Tujuan dari kegiatan ini utamanya adalah menyelamatkan anak cucu bangsa.

“Jadi sebenarnya mangrov ini memiliki banyak manfaat. Bila mangrov akan besar maka bisa dijadikan tempat wisata. Karena manfaat manggrovitu tidak hanya menahan abrasi, tetapi bisa  sebagai Destinasi Pariwisata,” ungkapnya.

Danlanal Tahuna Kolonel Laut Dony Ariwibowo

Lanjut dijelaskan Ariwibowo, untuk penanaman hari pertama (Senin)hanya sebanyak 500 bibit saja yang di tanam, sisanya nanti akan dilanjutkan.

“Hari ini ditanam sekitar 500 bibit manggrov, selanjutnya akan diteruskan  oleh TNI dalam hal ini Lanal Tahuna dan masyarakat sampai 3.000 bibit.  Karena semuanya di seluruh Indonesia sebanyak 300.074 bibit,” jelas Aribowo.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME menyatakan, kegiatan menanam manggrov ini merupakan gerakan yang memberikan pemahaman.  Bahwa betapa pentingnya penghijauan, betapa pentingnya penanaman pohon dan  dimulai dari pantai sampai ke gunung.


“Ini adalah sebuah komitmen kita dalam kerangka HUT TNI seperti tema menyelamatkan bumi, tentu sebagai pemerintah daerah kami sangat berterima kasih atas partisipasi aktif dari TNI dan Polri, untuk sama-sama kita yang  ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, untuk mengambil bagian gerakan  penanaman pohon khususnya bakau di wilayah ini,” kata Gaghana.

Untuk itu dirinya berharap, penanamam mangrov ini akan terus dilakukan oleh masyarakat.

“Mudah diikuti oleh komponen yang lain, untuk mampu melihat betapa pentingnya penghijauan. Ini adalah menjadi sebuah kepentingan kita semua yang ada di  Kabupaten Sangihe,” tandasnya. (Zul)