Lantik Dua Kapitalaung, Roring: Bersikap Humanis dan Harmonislah Dalam Menjalankan Tugas

Tahuna- Seketaris Daerah (Sekda) Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwing Roring melantik dua Kapitalaung Sabtu(1/6) di Aula Rumah Jabatan Bupati. Dua kapitalaung yang dilantik yakni Kapitalaung Talauarane dan Kapitalaung Towali Kecamatan Manganitu.

Dalam Sambutannya membacakan pidato Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, Roring menyatakan kepada para kapitalaung yang baru agar bisa bersikap humanis dan harmonis kepada seluruh perangkat kampung, lembaga-lembaga kemasyarakatan dan masyarakat pada umumnya, sehingga program dan kegiatan yang direncanakan di kampung tepat sasaran dan multihasil. Sesuai dengan segala kualitas dan kebutuhan masyarakat. 

“Saya berharap kapitalaung sebagai penentu kebijakan dan keberhasilan pembangunan dikampung agar lebih aspiratif, kreatif dan inovatif. Serta cepat dan tanggap dalam setiap situasi dan kondisi dinamika masyarakat kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe.”ujar Edwin. 

Lanjut tambahnya, para kapitalaung juga diminta fokus terhadap sektor khusus yang dianggap bisa mengangkat taraf hidup masyarakat. Seperti penguatan kapasitas kelembagaan kampung dalam pengolahan dana kampung, pengolahan badan usaha kampung atau BUMDes, menyiapkan 50 kampung menjadi desa unggulan, pembangunan sentra usaha kecil dan menengah dibeberapa wilayah atas bentuk alternatif mengatasi turunnya harga komoditi perkebunan.

“Gerakan mencintai produk lokal, agar masyarakat bisa membeli minyak kelapa produksi UMKM lokal serta gerakan cinta Sangihe dengan pemakaian bahasa daerah setiap hari jumat. Itulah program-program yang nantinya bisa menjadi fokus para kapitalaung.”ungkap Roring. 

Selain itu, dirinya juga meminta para kapitalaung untuk dapat cepat tanggap menghadapi permasalahan yang ada di kampung yang mereka pimpin. 

“Dan sebagai ujung tombaknya pemerintahan, kapitalaung jangan tumpul. Dalam artian, kapitalaung bisa dapat langsung menyelesaikan permasalahan yang ada dikampungnya. Jangan sampai permasalahan itu ditanggani oleh pihak kecamatan seterusnya ke Pemkab.”pungkasnya. 

Diakhir sambutannya, Roring mengucapkan selamat atas kapitalaung yang terpilih, untuk dapat segera bekerja melayani masyarakat demi terwujudnya Kabupaten Kepulauan Sangihe yang maju dan sejahtera. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020