Lapas Manado Gelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Penandatanganan Komitmen Bersama, Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Zona Integritas. (foto:Ist

MANADO – Mengawali tahun kerja 2020, Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Manado, melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), Kamis (23/01/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Lapas Klas IIA Manado, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenkumham, selanjutnya pembacaan laporan kegiatan dan Deklarasi Janji Kinerja tahun 2020 yang disampaikan oleh Kepala Lapas Klas IIA Manado, Sulistyo Wibowo.

Disaksikan Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan dan unsur FORKOPIMDA, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama, Pakta Integritas dan Piagam Pencanangan Zona Integritas oleh Kepala dan pejabat struktural Lapas Klas IIA Manado, Ombudsman Perwakilan Sulawesi Utara dan Kejaksanaan Negeri Manado.

Kepala Lapas Klas IIA Manado, Sulistyo Wibowo mengatakan reformasi birokrasi adalah langkah awal dalam upaya mendukung program pemerintah melakukan penataan sistem organisasi yang baik, efektif dan efisien.

“Intinya adalah perubahan manajemen, penataan SDM, akuntabilitas kinerja serta penguatan kualitas pelayanan publik secara cepat, tepat dan professional dalam rangka mewujudkan good governance,” kata Sulistyo.

Asisten Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara, dalam sambutannya mengingatkan bahwa berdasarkan amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan lagi sebagai sosok penguasa tetapi merupakan pelayan di tengah-tengah masyarakat.

Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan, menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut dalam upaya transformasi sumber daya digital sebagai pengawai Kemenkumham termasuk mewujudkan SDM yang unggul melalui implementasi pengembangan tim work dan e-government menuju good governance.

“Akses layanan hukum dan HAM yang berkeadilan, revitalisasi kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai law and human right center. Peningkatan keramahtamahan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kinerja terbaik kepada organisasi untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” ungkap Wawali Mor.

Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel memotivasi jajaran Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA, untuk bersemangat dan berintegritas bekerja memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Meraih predikat WBK dan WBBM bukan perkara muda, dibutuhkan komitmen dari seluruh pegawai meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Disela-sela acara, dibagikan buku rekening kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asimilasi yang mengikuti program pembinaan kemandirian bekerjasama dengan Bank BRI Cabang Tuminting.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Asisten I Pemkot Manado Herry Saptono, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Manado, Dandim 1309 Manado, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Manado, Kepala Rutan Klas IIA Manado Yusep Antonius dan Ka UPT Pemasyarakatan di Kota Manado. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020