Launching Gernas PSDR KLHK, Vivien Apresiasi Kinerja Pemkot Bitung

Kepedulian Pemkot Bitung dalam pengelolaan sampah diapresasi KLHK. (Foto: Herry)

BITUNG – Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Kota Bitung yang sangat antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan launching Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah (Gernas PSDR) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI), Sabtu (21/09/2019).

Vivien berharap, program-program yang sudah dilakukan Pemkot Bitung terkait pengolahan sampah dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. “Kita dapat memulai dengan hal-hal yang sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari dengan memilah sampah mulai dari rumah masing-masing. Kegiatan ini penting untuk melindungi bumi dari kerusakan akibat pengelolaan sampah yang tidak benar,” kata Vivien.

Lanjut Vivien, berdasarkan profil pengelolaan sampah nasional, sumber sampah yang utama dihasilkan dari rumah tangga sebesar 36 persen. Selanjutnya pasar serta perniagaan memberikan kontribusi timbulan sampah sebesar 38 persen dan sisanya 26 persen berasal dari kawasan, perkantoran dan fasilitas publik. “Sehingga melalui Gerakan Nasional Pilah Sampah Dari Rumah ini, mari kita ciptakan lingkungan yang lebih baik mulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Dengan demikian, cita-cita Indonesia bersih dapat kita raih bersama,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Pengolahan Sampah KLH Novrizal Tahar, dan Tenaga Ahli Menteri Ilyas Arsyad.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020