Legislator Jurani Dukung Kebijakan Gubernur OD Cegah Penyebaran Covid-19

Jurani Rurubua. (foto:(hcl)

MANADO – Politisi PSI, Jurani Rurubua mendukung kebijakan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam penetapan status siaga darurat Covid-19. Pasalnya, yang dilakukan Gubernur Olly adalah langkah yang positif dan perlu mendapat apresiasi dari semua pihak.

Meski demikian, diperlukan penjabaran lebih jauh terhadap konsekuensi dari kebijakan tersebut, termasuk terhadap fakta sosial kehidupan masyarakat Sulut.

“Pastinya, masyarakat akan secara perlahan bertindak sebagaimana arahan pemerintah. Tapi, pemerintah juga harus memiliki strategi konkrit dalam mengatasi masalah yang nantinya akan timbul dari kebijakan itu,” kata Jurani, Selasa (24/03/2020).

Dia kemudian mempertanyakan kesiapan stok pangan di daerah ini. Bagaimana dengan kebutuhan rakyat miskin, termasuk fasilitas kesehatan serta keseimbangan harga kebutuhan pokok. Semua yang terkait dengan kehidupan masyarakat harus mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Masyarakat perlu didorong untuk mengikuti anjuran dari pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, tapi masyarakat juga berhak mendapatkan pelayanan termasuk kebutuhan dari semua sektor.

“Dibutuhkan kerja strategis dari pemangku kebijakan. Masyarakat, petugas medis hingga semua yang berjuang harus benar-benar ditopang oleh pemerintah, meski bersifat subsidi dan lain sebagainya,” jelas Legislator Manado.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan revisi anggaran dengan memprioritaskan uang rakyat untuk pencegahan virus corona, termasuk membatalkan semua penggunaan anggaran yang tidak relevan dengan disituasi sekarang.

Diperlukan sinergitas pemerintah kabupaten dan kota serta pusat, dalam mamastikan bahwa Sulut solid dalam mencegah dan memerangi penyebaran virus corona. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020