Liburan ke Eropa Dengan Biaya Irit, Bisa Banget Kok….

Para pejabat Pemkot Manado yang dilantik Wali Kota GS Vicky Lumentut mengisi jabatan OPD Baru
sumber:wikipedia.org

MASA sih liburan ke Eropa bisa dengan biaya yang minim? Rasanya, mendengar nama Eropa nya saja sudah keder duluan ya? Pasti bayangannya sudah berapa kurs Euro dengan Rupiah, bagaimana tempat tinggalnya, makanan, transportasi dan lain – lainnya. Pasti bikin pening kan?

Padahal kalau kamu cermat dalam merencanakan keberangkatan ke Eropa, dijamin liburanmu nggak nguras kantong. Apalagi kalau kamu terbangnya pakai Garuda, pasti liburanmu jadi lebih menyenangkan di Eropa dan dijamin nggak nguras kantong.

Visa

Kalau kepingin ngirit liburan ke Eropa, sebaiknya pakai visa Schengen. Dengan satu kali pengurusan visa, kamu bisa keliling ke berbagai Negara dan nggak perlu keluar uang lagi. Konon, Kedutaan Besar Negara Eropa yang paling mudah dan murah dalam mengurus visa Schengen adalah Denmark, Belgia dan Belanda. Tentu saja, Negara pertama yang harus kamu tuju sama dengan kedutaan tempat pembuatan Visa.

Belgia atau Belanda

sumber:touropia.com

Memilih mendarat di Belgia atau Belanda akan menghemat tiket penerbanganmu sampai lebih dari 30 persen daripada kalau kamu mendarat di Spanyol, Italia atau Prancis. Garuda pun sudah menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Belgia atau Belanda, jadi kamu nggak perlu transit ke KL atau Singapura untuk terbang ke sana.

Manfaatkan promo penginapan

Masalah penginapan menjadi salah satu biaya yang paling menguras kantong selama di Eropa. Karena itulah, manfaatkan AirBnb atau pesan langsung tiket sekaligus hotelnya di Traveloka.com. Kamu juga bisa menyewa rumah penduduk atau apartemen yang bisa menghemat pengeluaran sampai 50 persen dibanding dengan hotel biasa.

Bekal Lauk

Nggak semua makanan Eropa cocok di lidah orang Indonesia yang suka bumbu pekat. Karena itulah jangan sampai lupa membawa stok mie instan, abon, telur asin atau makanan kesukaan kamu lainnya dari Indonesia.

Selain menambah selera makan, membawa bekal lauk dari Indonesia juga akan menghemat pengeluaran kamu selama di sana. Karena harga makanan di Eropa nyaris nggak ada yang murah.

Kalau kepengen lebih irit lagi, bawalah rice cooker traveler yang banyak dijual di pasaran. Dengan rice cooker ini, kamu bisa masak di hostel atau di tempat penginapan, yang tentu bakal menghemat banyak biaya konsumsi selama di Eropa.

 

Pilih Kereta Api

sumber:raileurope-world.com

Keliling Eropa bisa dilakukan dengan Eurorail, yang harga tiketnya jauh lebih murah daripada naik pesawat. Kereta di Eropa pun sangat nyaman dan bersih, juga kecepatannya jauh lebih baik daripada kereta di Indonesia.

Selain lebih murah di tiket, kamu juga menghemat biaya transportasi dari bandara menuju pusat kota kalau naik kereta api. Biar lebih irit lagi, pilihlah penginapan yang dekat dengan stasiun kereta, sehingga kamu nggak perlu keluar biaya tambahan lagi.

Selain itu transportasi lain yang sama murahnya adalah bus. Hampir semua bus di Eropa mematok tariff murah. Sehingga bisa jadi alternatif transportasi selama di sana.

Buatlah Rincian Biaya Perjalanan

Agar tidak over budget selama di Eropa, buatlah rincian biaya sejak dari Indonesia. Lebihkan biaya dari perkiraan yang ada di artikel-artikel. Dengan rincian biaya, kamu akan tahu kapan saatnya menghemat ketika berada di Eropa.

Jangan lupa juga untuk membuat rincian harga tiket Garuda untuk terbang ke Eropa. Dengan harga yang rinci, perjalanan pasti akan lebih tenang dan kamu tahu harus menyisakan berapa untuk biaya lain-lainnya. Selamat liburan di Eropa! ***

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020