IKLAN

Lomban Berikan ‘Kado’ Remisi Bagi Penghuni Lapas Kelas IIB Tewaan Bitung


Wakil Walikota Bitung saat menyerahkan surat Remisi kepada penghuni Lapas Kelas IIB Tewaan Bitung, Senin (17/8)

Wakil Walikota Bitung saat menyerahkan surat Remisi kepada penghuni Lapas Kelas IIB Tewaan Bitung, Senin (17/8)

BITUNG-Peringatan Upacara Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kelurahan Tewaan Kota Bitung, dirangkaikan dengan pemberian remisi terhadap Anak pidana dan narapidana. Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban, SE, MSi bertindak selaku Inspektur upacara dalam upacara yang dihadiri oleh unsur Forkopimda dan Pejabat SKPD Kota Bitung dan diikuti oleh penghuni Lapas.

Dalam kesempatan tersebut, Lomban membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  Yasonna Laoly menuturkan  bahwa makna kemerdakaan menurut semangat HAM, Pancasila, dan UUD 1945 menyatakan bahwa kemerdekaan itu bisa tercipta manakala terbebas dari penindasan, ancaman, intimidasi, dari pihak-pihak lain.

“ini berarti kemerdekaan semangat menghilangkan kelas sosial dalam masyarakat, menciptakan tatanan masyarkat yang sederajat, memuliakan antara satu sama lain, dan masing-masing memiliki hak sebagai bangsa tanpa membedakan kultur dan kelasnya,” tutur Lomban.

Lanjutnya lagi Remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong Narapidana untuk berprilaku baik selama manjalani pidana, karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik dan bukan kepada mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib.

Pada upacara ini dirangkaikan dengan pemberian remisi umum dan remisi dasawarsa kepada narapida dan anak pidana secara simbolis. (jones)

IKLAN
loading...