Lomban Hadiri Apel Kesiapan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Pemeriksaan peserta apel kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru.
Penyematan tanda operasional kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru.

BITUNG – Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menghadiri Apel Kesiapan Angkutan Natal 2019 dan Tahun baru 2020 bertempat di halaman depan Terminal Penumpang Pelabuhan Bitung, Rabu (18/12/2019).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan setiap menjelang libur natal dan tahun baru terjadi peningkatan mobilitas masyarakat dengan jumlah cukup besar dan dalam waktu yang bersamaan. “Mobilitas masyarakat tersebut terjadi hampir pada semua moda transportasi termasuk moda transportasi laut,” kata Lomban.

Lanjutnya, hal ini yang menuntut pemerintah harus mengantisipasinya melalui penyediaan sarana angkutan yang andal, aman, tertib dan nyaman. “Penyelenggaraan angkutan laut natal 2019 dan tahun baru 2020 akan dilaksanakan mulai tanggal 18 desember 2019 sampai dengan 8 januari 2020,” imbuh Lomban.

Oleh sebab itu kata wali kota, akan dilakukan kegiatan pemantauan dan pengendalian lalulintas dan angkutan laut melalui posko angkutan laut natal 2019 dan tahun baru 2020. Guna mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan CQ Direktorat Jendral Perhubungan Laut akan menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3.4 juta orang penumpang. Sedangkan untuk menjamin keselamatan keamanan pelayaran seluruh unit pelaksana teknis (UPT) telah melaksanakam uji petik kelayakan kapal penumpang di wilayah kerja masing-masing.

Terkait dengan hal tersebut Lomban menginstruksikan kepada seluruh jajaran perhubungan laut untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh semangat melayani saudara-saudara kita yang akan melakukan perjalanan liburan. “Selain itu kepada operator kapal yang melayani angkutan natal 2019 dan tahun baru 2020 untuk memastikan kapal yang berlayar tidak melebihi kapasitas angkutan dan diapensasi penumpang yang diberikan syahbandar,” pungkasnya

Turur hadir Unsur Forkopimda Kota Bitung, para Kepala Perangkat Daerah, Ketua FKUB, peserta apel kesiapan angkutan laut natal 2019 dan tahun baru 2020.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020