Lomban Hadiri Musrenbang Provinsi Sulut Tahun 2018

(Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban saat menghadiri Musrenbang Propinsi Sulut)

 

(Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban saat menghadiri Musrenbang Propinsi Sulut)

 

BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2018 yang digelar di Grand Kawanua International City (GKIC) Manado, Selasa (25/04/2017).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai membuka kegiatan, dalam sambutannya mengatakan perencanaan pembangunan yang baik akan menentukan keberhasilan pembangunan Sulawesi Utara, sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan sebaik mungkin di setiap aspeknya. “Kita harus mewujudkan Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya,” katanya.

Dikesempatan yang sama Lomban menjelaskan sesuai arahan ¬†Gubernur, usulan pembangunan kabupaten/kota dalam proses dan tahapan penyusunan ini berjumlah 1.812 usulan. “Usulan yang diterima 1.074 usulan dan yang ditolak sejumlah 738 usulan. Untuk Kota Bitung sendiri tergolong sedikit yakni sekitar 39 usulan,” tutur Lomban.

Dijelaskan pula, kegiatan Musrenbang merupakan sarana untuk merumuskan rancangan akhir RKPD sebelum ditetapkan dalam Peraturan Gubernur. “Kegiatan ini menjadi ajang untuk koreksi, klarifikasi dan penajaman terhadap rancangan RKPD 2018 dan selanjutnya ditetapkan dalam bentuk Peraturan Gubernur,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, juga dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan Musrenbang antara Gubernur dan para bupati/wali kota se Sulut, serta penyerahan pemenang kabupaten/kota dengan perencanaan terbaik. “Untuk perencanaan terbaik, Kota Bitung berada di urutan ke tiga,” kata Lomban.

Turut hadir Sekretaris Kemenko Perekonomian RI Dr Lukita Tuwo, Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan (Kementerian PPN/BAPPENAS) Taufik Hanafi, Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur Wilayah (Kementerian PUPR) Ir. Rido Matari Ichwan, Mcp, Sekdaprov Edwin H. Silangen, SE, M.Si, jajaran Forkopimda Sulut, serta pejabat lainnya.(hry)