Lomban "Jual" Bitung ke Pebisnis Eropa 

Wali Kota Bitung Maximiliian J Lomban dan Ketua TP-PKK Ny.Khouny Lomban Rawung saat berada di Belanda
(Wali Kota Bitung Maximiliian J Lomban dan Ketua TP-PKK Ny Khouny Lomban Rawung saat berada di Belanda/ foto:humas)

 

BITUNG – Di hadapan ratusan pebisnis dari berbagai negara di Eropa, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban “menjual” potensi yang dimiliki daerah ini. Pasalnya, bertempat di KBRI Den Haag, Belanda, Lomban didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung mengikuti Forum Trade, Tourism and Investment (FTTI) Sulawesi Utara, yang dibuka Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A. Wesaka Puja, sekaligus menjadi pembicara.

Dalam kesempatan tersebut Lomban memaparkan potensi terbaik Sulawesi Utara terlebih khusus yang ada di Kota Bitung di depan 100 pelaku bisnis dari berbagai negara Eropa. “Kalau anda datang ke Bitung kami akan memberikan kemudahan untuk berinvestasi. Bitung juga memiliki sejumlah potensi yang sangat baik untuk dikembangkan, selain sektor pariwisata dengan sejumlah keunggulan seperti spot-spot diving unik, terdapat sejumlah hewan endemik seperti Tarsius yang ada di Tangkoko dan Yaki,” tutur Lomban.

Lanjutnya, geoposisi Kota Bitung sebagai Pelabuhan Internasional atau Internasional Hub Port (IHP) menjadi kekuatan bagi Bitung itu sendiri. “Dari Bitung anda bisa menuju ke hampir seluruh negara di kawasan pasifik. Sulawesi Utara merupakan wilayah yang sangat berkembang dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Tol Manado-Bitung, kereta api Bitung-Makasar dan ini akan menjadi kekuatan ekonomi kedepan,” ungkapnya.

Lomban juga mengatakan, kalau paparannya mendapat sambutan dari sejumlah pebisnis. “Beberapa di antara mereka langsung menyatakan niatnya untuk berinvestasi, bahkan sudah ada yang menjawalkan kedatangannya ke Bitung untuk menindaklanjuti pembicaraan awal ini. Tentu kami sebagai pemerintah sangat terbuka bagi mereka dan akan membantu apa saja yang mereka butuhkan untuk menanamkan modal mereka di Kota Bitung,” kata Lomban.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia di Polandia, Peter Gontha menyambut baik tawaran dari Wali Kota Bitung dan mendorong agar pelaku usaha di Eropa untuk berinvestasi ke daerah ini. “Kota Bitung itu sangat strategis untuk berinvestasi, karena posisinya yang behadapan langsung dengan samudera Pasifik menjadikan Bitung sebagai kota yang sangat potensial bagi pengembangan ekonomi kawasan regional melalui pelabuhan internasionalnya,” ujar Dubes Gontha yang juga masih berdarah kawanua ini.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan BKPM London, Nurul Ichwan serta Walikota Tomohon, Jimmy Eman.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020