Lomban Panen Hasil Pertanian di Kecamatan Ranowulu

BITUNG – Wali Kota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) bersama petani Kecamatan Ranowulu menggelar panen hasil tanam labu (sambiki, red) di Kelurahan Karondoran dan jagung (milu, red) di Kelurahan Danowudu, Kamis, (25/07/2020).

Saat panen labu, Lomban mengaku sempat mengenang masa remajanya yang juga dihabiskan dengan bertani. “Awalnya labu bukan tanaman pokok, tapi sengaja ditanam hanya untuk mengusir ular agar tidak masuk dan bersarang di lahan pertanian. Dan itu sering saya lakukan (menanam labu) sewaktu membantu orang saat masih remaja,” beber Lomban.

Setelah panen labu di Kelurahan Karondoran, Lomban menuju Kelurahan Danowudu guna ikut bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Sahabat” yang diketuai oleh Tarigan panen jagung, yang merupakan Program Lumbung Pangan Berbasis Keluarga dan Kelurahan. “Inilah bukti dari program lumbung pangan yang telah kita lakukan dan sudah memberikan hasil nyata. Jika seandainya Covid-19 berkepanjangan, kita tidak perlu kuatir karena Tuhan memberi kita berkat melalui hasil tani yang akan menjadi sumber makanan kita,” kata Lomban.

Melihat hasil pertanian di Kelurahan Karondoran dan Danowudu, Lomban berjanji akan mengupayakan ke Menteri Pertanian agar bisa dilakukan penambahan pengadaan alat sesuai harapan petani. “Kami akan berupaya, kendati memang agak sulit memberi pengertian kepada Menteri Pertanian, karena yang mengajukan permohonan adalah pemerintah kota, bukan pemerintah kabupaten,” ujar Lomban.

Padahal lanjut Lomban, dari 314 ribu hektar luas wilayah kita, hanya berkisar 25 persen untuk pemukiman dan sisanya adalah hutan dan juga lahan untuk bertani. “Dan ini yang akan menjadi modal saya untuk memaparkan di hadapan Menteri Pertanian, agar bantuan bisa masuk ke Kota Bitung,” tandas Lomban.

Dikesempatan itu, Lomban mengimbau petani agar tetap disiplin menjalankan perilaku hidup sehat dengan menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, jauhi keramaian dan terus berdoa memohon kepada Tuhan agar bencana Covid-19 segera berakhir.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020