Lomban: PD Harus Realisasikan Target PAD 103 Miliar

Max Lomban
Max Lomban
Max Lomban

BITUNG – Walikota Bitung Max J Lomban didampingi Wakil Walikota Maurits bersama Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung Malton Andalangi memimpin rapat PAD perdana 2017.

Rapat yang digelar di ruang sidang lantai IV kantor walikota itu, Lomban mengingatkan pentingnya soal evaluasi realisasi pendapatan asli daerah (PAD). Dimana menurutnya, setiap perangkat daerah (PD) guna tercapainya target yang telah ditetapkan.

“Butuh evaluasi dari apa yang telah kita lewati di tahun-tahun sebelumnya, sehingga lewat evaluasi dari tahun kemarin, kita tahu apa yang harus kita lakukan di tahun ini,” kata Lomban.

Selain dapat melihat hasil capaian, akan ada juga kiat atau strategi baru di tahun 2017 untuk melihat peluang PAD, serta menekan kesalahan di tahun sebelumnya. “Tahun ini yang penting adalah bagaimana mencapai PAD yang telah ditergetkan, dan menemukan cara-cara baru namun menghindari kesalahan yang tidak sesuai dengan aturan, sehingga tidak bertabrakan dengan tim saber pungli dalam proses pencapaiannya,” tukasnya.

Senada dengan Lomban, Mantiri pun mengingatkan bagi seluruh perangkat daerah untuk membuat telaan terkait capaian PAD tahun 2016 yang capaiannya sebesar 85,11% dari terget yang ditetapkan, sehingga menjadi bahan evaluasi penting untuk capaian PAD tahun ini.

Adapun target PAD untuk tahun 2017 yang ditetapkan adalah sebesar 103 Milyar atau mengalami peningkatan sebesar 6 Milyar dari target PAD tahun sebelumnya yakni 97 Milyar. (hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020