Lomban Sebut Sanitasi Aspek Penting Bagi Masyarakat

Wali Kota Bitung Max J Lomban dialog bersama sejumlah kepala daerah soal pentingnya sanitasi. (Foto: HMP)

BITUNG – Kebijakan di bidang sanitasi bertujuan untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang menyeluruh dan berkelanjutan. Sehingga sanitasi menjadi aspek yang sangat penting. Demikian dikatakan Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban di sela-sela kegiatan City Sanitation Summit XIX, yang digelar Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, Selasa (24/09/2019).

Perhelatan yang dihadiri ratusan anggota AKKOPSI (Asosiasi kabupaten dan kota Peduli Sanitasi) yang merupakan bupati/walikota se Indonesia. Aliansi pemerintah daerah di Indonesia bidang lingkungan dan sanitasi dibuka Menteri Bappenas RI Bambang Brojonegoro.

Menurut Lomban dalam konsep pengembangan wilayah baik di kabupaten/kota, sanitasi menjadi aspek yang sangat penting, dimana implementasi berbagai kebijakan di bidang sanitasi bertujuan untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang menyeluruh dan berkelanjutan.

Lanjutnya lagi pada kegiatan CSS XIX ini para kepala daerah membagikan pengalamannya dalam pengelolaan dan pembangunan sanitasi, intinya kita saling bertukar informasi bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakatnya yaitu 100 persen pengelolaan air minum dan 100 persen pengelolaan sanitasi

Misalnya di Bitung, ia menjelaskan bagaimana pemerintah mengedukasi masyarakat agar membuat septic tank yang harus dicor agar air dan kotoran tinja tidak terserap oleh tanah melalui program amnesty septic tank bocor dan untuk itu pihak pemerintah menyediakan mobil penyedot tinja secara gratis dengan demikian masyarakat dan pemerintah sama-sama bisa merasakan hasil dari pentingnya kita mengedukasi Program Sanitasi terintegrasi.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020