Lomban Tandatangani PKS Bersama Sejumlah Pihak

Kerjasama Pemkot Bitung bersama BSG, BPN dan PT PLN Persero. (Foto: HMP)

BITUNG – Wali Kota Bitung Maxmiliaan J Lomban menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama sejumlah pihak yakni Bank SulutGo, BPN dan PT. PLN Persero SulutTenggo yang digelar di BPU kantor walikota Bitung, pada Rabu (21/08/2019).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sistem pemerintahan ke arah yang lebih baik khususnya dalam pengelolaan sistem keuangan. Ia menyampaikan, ini adalah yang pertama dilakukan di seluruh kabupaten/kota se- Sulut walaupun diakuinya sedikit terlambat untuk ditindaklanjuti. “Ini merupakan tindak lanjut karena beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan penanda tangan nota kesepahaman dengan Menteri Keuangan RI,” ujar Lomban.

Lanjutnya lagi, lewat kerja sama itu dijabarkan tentang komitmen bersama menjaga dan meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran keuangan negara termasuk daerah di semua sistem pemerintahan yang ada.

Lomban pun memaparkan mekanisme transaksi dimana semua pembayaran dalam bentuk non tunai yang sudah dilakukan pemerintahan kota Bitung pada tahun 2007, dengan motivasi efektifitas pendapatan tetapi juga dalam rangka pengendalian dengan adanya hal-hal yang tidak diinginkan. “Pemerintah Kota Bitung menyambut baik kebijakan PT. PLN SulutTenggo didalam melakukan pembayaran tagihan dalam bentuk non tunai lewat Bank SulutGo sebagaimana juga telah dilakukan oleh pemkot Bitung selama ini,” tambahnya.

Semua ini, lanjut Lomban, untuk menjamin kelancaran pembayaran kepada pihak ketiga baik internal maupun eksternal dalam bentuk non tunai.

Lomban berharap inovasi seperti ini dapat tertular ke daerah lain untuk segera diadopsi dalam rangka menuju penatakelolaan sistem keuangan yang akuntabel untuk pemerintahan yang lebih baik.

Turut hadir para asisten setda kota Bitung beserta jajaran KPD, Para Camat, Lurah, pimpinan PT. PLN (persero) UIW wilayah SULUTTENGGO UP3 Manado Andre. P.R. Lengkong beserta jajaran, dan Direktur utama PT. Bank SulutGo Machmud Turuis beserta jajaran.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020